Ini Solusi Atasi Macet Jalintim

Kemacetan di Jalintim Palembang-Betung Km 14. foto: dok sumeks.co.id

PANGKALAN BALAI – Jalintim Palembang-Betung sepertinya menjadi langganan macet setiap hari. Rabu (11/7) pukul 16.00 WIB jalan tersebut kembali mengalami kemacetan. Kemacetan terjadi dari arah Palembang maupun Pangkalan Balai.

Macet parah terjadi dari arah Pangkalan Balai. Yakni dari Desa Mainan Km 23 sampai ke Km 15 Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa. Sedangkan dari arah Palembang, kemacetan terjadi mulai dari Km 13 sampai Km 19 Serong, Banyuasin.

Hartanto, salah satu warga Banyuasin yang terjebak macet, Rabu (11/7) mengatakan bahwa dirinya meninggalkan Kota Pangkalan Balai pada pukul 13.00 tujuan Palembang. Jarak tempuh dari Pangkalan Balai yang hanya 25 km sampai ke Km 15 harus ditempuh dalam waktu 3,5 jam.

“Padahal kami la sengajo balek cepet dengan harapan dak macet,” kata Tanto, Kamis (12/7).

Dikatakannya, penyebab kemacetan di Jalintim Palembang-Betung tidak lain karena tidak adanya petugas Lantas yang mengatur di sepanjang jalan. Warga Banyuasin sudah tahu di mana titik-titik dan penyebab macet. Jika petugas Lantas ditempatkan setiap 1-2 km, maka macet akan terurai. Pengemudi yang tidak mau macet akan menerobos dan mengambil badan jalan sebelah kanan.

“Kalau sudah begitu, pasti macet tak terhindarkan,” ujarnya.

Baca Juga :  AJI Kecam PHK Sepihak PT MNI

Jika petugas Lantas ditempatkan di setiap jarak 1-2 km dan sepanjang hari, maka macet tidak akan terjadi. “Polantas hanya ngatur jalan pukul setengah tujuh pagi,” pungkasnya. (dom).

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!