Ini Target FPTI di Asian Games

Salah satu climber menaklukkan tebing saat latihan. foto: istimewa

CIKOLE – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) bertekad menyumbang emas untuk Indonesia di Asian Games 2018. Mereka mengincar empat emas di cabang olahraga tersebut. Menurut Manajer Pelatnas Timnas Panjat Tebing Pristiawan Guntoro nomor yang bisa dimanfaatkan untuk dipetik emasnya adalah nomor speed world record putra, puteri, dan tim putra-putri.

“Target yang dibebankan ke kami memang dua emas dari speed world record putra dan puteri. Tapi logikanya jika kedua nomor itu bia diambil maka timnya juga bisa kita ambil sekalian. Itulah kenapa peluang empat emas itu terbuka bagi panjat tebing,” ungkap Pristiawan ketika dibubungi sabtu (9/9).

Di Asian Games nanti, cabor panjat tebing rencananya akan pertandingan 10 nomor. Nomor itu adalah Lead, Boulder, Speed World Record putera dan puteri, Speed Classic putera dan puteri, serta Speed World Record Team (Relay) putra dan putri. “Semoga saja benar 10 cabor dan tidak berubah lagi,” harapnya.

Saat ini atlet pelatnas panjat tebing alias para “spiderman” sedang dikarantina di Jogjakarta. Ada 21 atlet dengan rincian 11 putera dan 10 puteri. “Namun mereka yang di pelatnas juga belum aman. Masih ada kemungkinan mereka terdgradasi jika ada atlet di luar mereka lebih baik. Kemungkinan kita akan evaluasi perkembangan atlet akhir tahun. Jadi kemungkinan promosi dan degradasi itu tahun depan. Perubahan nama atlet masih terbuka sampai tahun depan karena entry by name untuk Asian Games sampai┬ásebulan sebelum penyelenggaraan,” ucapnya.

Baca Juga :  Countdown Asian Games di BKB

Para atlet pelatnas memang rawan gusur karena P FPTI saat ini sedang memantau perkembangan atlet muda dari daerah. Mereka memantau melalui ajang test event yang dilaksanakan di Cikole, Bandung. Event sekelas kejurnas ini diramaikan atlet dari 16 provinsi. Ajang ini dilaksanakan 6-10 September. (kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!