Introspeksi Diri dengan Bermuhasabah

Hallo guys!! Gimana nih hari-hari kamu saat ini? Pusing karena banyak tugas? Atau malah galau karena sering berantem sama teman? Yah namanya juga hidup ya guys pasti ada ups and downs. Tapi mungkin kamu perlu yang namanya muhasabah diri deh. Kenapa ya setiap manusia itu perlu buat bermuhasabah diri? Nah pada mau tau kan pastinya?

Mengapa perlu melakukan muhasabah diri? Yap pertanyaan itu mungkin banyak menghampiri benak kamu, ada diantara mereka yang memilih untuk menyibukkan diri dengan urusan dunianya tanpa memikirkan apa yang akan menjadi bekalnya di akhirat. Dan ada pula mereka yang telah melakukan sebagaimana diperintahkan Allah SWT, namun ibadahnya hanyalah sebagai rutinitas. Mereka sholat lima waktu, berpuasa, dan mengeluarkan zakat setiap tahunyya, akan tetapi semua itu tidak berdampak pada akhlak dan pribadinya, maksiat pun terkadang masih dilakukan. Motivasi untuk memperbaiki amalan-amalan yang ada tak kunjung hadir, yap penyebabnya satu yaitu karena melupakan muhasabah diri sehingga mereka telah merasa cukup dengan amalan yang telah dilakukan.

Yap guys itulah pentingnya muhasabah diri untuk menjadi orang yang lebih baik lagi dihari esok. Muhasabah diri ini juga merupakan perintah dari Allah SWT. Perintah ini terdapat pasa Surah Al-Hasyr ayat ke 18 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. Nah dari surah ini jelas banget kan kalo generasi Z kudu bener-bener intropeksi dari apa yang telah kamu lakukan.

Baca Juga :  Muhasabah Bersama SMAN 1 Belitang

Ketika kamu bermuhasabah diri maka kamu akan mengetahui kebaikan juga kekurangan yang telah kamu lakukan. Dan buah dari muhasabah adalah taubat. Oh iya guys Rasullah SAW juga menyebutkan bahwa muhasabah diri adalah kunci pertama dari kesuksesan. Nah generasi Z tentunya mau sukses kan? Mangkanya guys mari bermuhasabah diri dan terus memperbaiki diri. Muhasabah bukan cuma untuk yang tua aja loh yang muda juga kudu harus bermusabah diri seperti apa yang dikatakan Ustad Agung Kurniawan “Muhasabah itu penting bagi setiap insan, baik tua ataupun muda, karna muhasabah diri adalah kebutuhan bagi hamba Allah SWT.”

Banyak aspek yang perlu untuk dimuhasabahi, yap tentunya yang paling penting adalah aspek ibadah. Kedua yaitu aspek pekerjaan dan perolehan rezeki, dan yang tak kalah penting adalah aspek kehidupan sosial. Hayo siapa disini yang masih hobi berantem sama teman? Coba deh buat bermuhasabah diri guys kira-kira apa kekurangan yang telah kamu lakukan ketemen, dan cobalah untuk memperbaikinya. Pokoknya nggak ada ruginya kok buat muhasabah diri. Yuk guys bermuhasabah diri untuk menggapai masa depan yang lebih baik lagi!! (nrs/fin)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!