Iphone Dual SIM dan Kecepatan Unduh

Tahun ini, Apple berada pada fokus kecepatan dalam siklus tahunannya terkait pengembangan produk iPhone. Pengumuman dual SIM di tiga seri iPhone adalah penandanya.

Biasanya Apple melakukan itu dalam dua tahun, misalnya meluncurkan desain baru, kemudian baru tahun berikutnya merilis inovasi lain lagi dengan desain eksterior yang masih sama.

Dalam sejarahnya, Apple telah berfokus pada kecepatan prosesor atau aplikasi grafik dan saat ini diharapkan strategi dual SIM mengarahkan tujuan Apple pada peningkatan jaringan seluler juga.

Dalam sebuah survei yang dilakukan OpenSignal – perusahaan yang berspesialisasi dalam pemetaan cakupan nirkabel negara-negara dunia periode Juli sampai September 2018, telah memetakan pengguna iPhone mengalami kecepatan unduh rata-rata LTE 15,7 Mbps.

Dari sembilan negara yang dipelajari, kecepatan unduh iPhone hanya unggul di dua negara seperti Brazil (22,5 Mbps) dan Saudi Arabia (18,6 Mbps). Sisanya, kecepatan jaringan seluler iPhone sedikit lambat dari model Android.

Belum lagi jika tren iPhone disandingkan dengan model Android kelas premium, android jadi yang paling populer. Di mana, rata-rata ponsel Android premium itu menggunakan chipset Snapdragon 800, setara dari Mediatek, Samsung Exynos atau HiSilicon. Dari data ini, pengguna ponsel Android flagship mengalami kecepatan unduh hingga 23.9 Mbps LTE.

Para peneliti berharap, diumumkannya trio iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR yang pertama kali menandai sejarah gawai Apple tersedia fitur SIM ganda, juga terjadi peningkatan performa di modem (misalnya mengambil milik Intel) dan antena.

Tujuannya tidak lain agar Apple bisa bersaing dalam geografi di mana ponsel pintar dual SIM sedang populer yakni di Asia terutama India dan Cina. (mg8/jpnn)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!