Irigasi Jebol, Sawah Terbengkalai

Sawah milik warga Desa Kota Dalam yang terbengkalai. foto: didi indawan sumeks.co.id

MUARADUA – 80 hektare sawah warga di Desa Kota Dalam, Kecamatan Mekakau Ilir, Kabupaten OKU Selatan, sudah setahun ini tak dapat digarap (terbengkalai). Pasalnya, irigasi yang mengairi persawahan, jebol hingga menyebabkan sawah kekurangan air.

Warga para pemilik sawah pun sudah setahun ini tidak lagi dapat menggarap sawah. Setidaknya sawah sawah yang membentang luas tersebut kembali bisa digarap setelah ada perbaikan. Terutama perbaikan bendungan irigasi yang diambil dari sungai terdekat, untuk mengairi persawahan.

“Mudah-mudahan pemerintah daerah segera tergugah dan memperbaiki bendungan yang jebol. Karena kerusakan bendungan ini berdampak besar terhadap kami petani di Desa Kota Dalam, hingga menyebabkan sawah kami kekurangan air,” kata Kepala Dusun I Desa Kota Dalam, Almukmin.

Dikatakannya persawahan warga tersebut berada di Pematang Paling, Dusun Lame, Desa Kota Dalam, jebolnya irigasi disebabkan banjir yang terjadi setahun lalu. Derasnya arus saat itu membuat bendungan terseret banjir.

“Sejak kejadian itu bendungan lebih rendah dari siring cacing yang seharusnya mengalirkan air ke persawahan,” terangnya. (dwa)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!