IRT Terancam 20 Tahun Penjara, Miliki 65 Paket Sabu

PALEMBANG- Perbuatan ibu rumah tanggan (IRT) satu ini tidak patut ditiru. Bagaimana tidak, terdakwa Fatimah Wati, warga Jl PSI Kenayan Lr tepian Musi Kelurahan Karang Anyar Gandus ini menyimpan dan memiliki 65 paket sabu seberat 3,496 gram yang justru mengantarkannya ke meja hijau.

Bahkan dalam surat persidangan yang mengagendakan pembacaan surat dakwaan dari jaksa penuntut umum (JPU), Dwi Indayati SH menjerat terdakwa dengan pasal 114 ayat 1 UU narkotika dengan ancama penjara paling lama 20 tahun. “ Merujuk aturan yang ada, memang ancamannya hukumannya sangat tinggi. Walau demikian, ini baru sidang awal dan belum masuk tahap pembuktian. Kalau memang terbukti, terdakwa bisa dipenjara paling lama 20 tahun atau menurut vonis dari majelis hakim,” kata Dwi saat membacakan dakwaan terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, kemarin.

Sementara itu, ketua majelis hakim, Saiman SH setelah mendengarkan JPU menyerahkan sepenuhnya ke pihak terdakwa maupun penasehat hukum dari Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Sejahtera Palembang untuk menanggapinya. “ Kalau tidak ada, sidang kita tutup dan akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda keterangan para saksi,” ulasnya.

Usai persidangan, penasehat hukum terdakwa dari Posbakum Sejahtera Palembang, Romaita SH menerima surat dakwaan dari JPU dan tidak akan mengajukan eskepsi atau sanggahan. “ Kita terima dakwaan dan silahkan untuk menghadirkan saksi-saksi yang dibutuhkan,” terangnya.

Sekedar mengingatkan, terdakwa ditangkap pada 26 Oktober 2017 di kediamannya. Berawal dari laporan masyarakat yang masuk melalui sms online yang menyebutkan ada aktifitas peredaran narkotika yang melibatkan terdakwa. Setelah diseleidiki, memang betul hingga dilakukan penangkapan di kediaman terdakwa.

Dari hasil pengembangan polisi mengamankan sedikit 65 paket sabu dengan berat total 3.496 gram yang disembunyikan dalam dompet emas warna abu-abu di bawah rumah terdakwa. Barang tersebut di dapat dari Irawan (DPO) yang bila habis terjual mendapatkan keuntungan Rp 500 ribu. (afi/lia)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!