Jadwal Final

PALEMBANG – Jadwal pertandingan Asian Games XVIII/2018 sudah final. Selain jadwal, venue atau tempat pertandingan pesta multievent olahraga bangsa Asia tersebut juga sudah tidak bisa lagi ada perubahan.
“Update dari 23 Februari kemarin sudah final. Khusus di Palembang atau Sumsel, ada 11 cabang olahraga (cabor). Yakni, boling, canoe/kayak, sepak bola wanita, roler sport (roller skate, skateboard), dayung, dan sepak takraw. Kemudian, menembak (pistol, rifle, running target, skeet dan trap), panjat tebing, tenis (tenis, soft tenis), triathlon, dan voli pantai,” kata H Muddai Madang, wakil ketua KOI, dijumpai di Sekretariat Panitia (Inasgoc), kemarin (25/2).
Menurut Muddai, sapaan akrabnya, cabor boling akan dilaksanakan di Bowling Center Jakabaring Sport City (JSC), 22-27 Agustus. Kemudian, canoe atau kayak dibagi dalam dua kategori. Namun, semua dilaksanakan di Danau JSC. “Kategori CSP, 29 Agustus-1 September, dan TBR 25-27 Agustus,” terang mantan ketua umum KONI Sumsel ini.
Sepak bola wanita, lanjutnya, dilaksanakan di dua tempat, Gelora Sriwijaya JSC, 16-30 Agustus dan Stadion Bumi Sriwijaya, 16-25 Agutus. Untuk roller sport, juga memperlombakan dua sport discipline. “Roller skate 31 Agustus, dan skateboard 28-29 Agustus. Keduanya digeber di venue Roller JSC,” tambah dia.
Lalu, dayung bakal dihelat di Danau JSC, 19-24 Agustus. Kemudian, sepak takraw hadir di GOR Ranau JSC, 19 Agustus-1 September. Khusus untuk menembak, akan diperlombakan empat tangkai, semua di Stadion Menembak JSC. “Pistol 19-25 Agustus, rifle 19-24 Agustus, running target 23-25 Agustus, dan skeet & trap 20-26 Agustus,” tambahnya.
Sementara panjat tebing, bakal diperlombakan di venue Panjat Tebing JSC, 23-27 Agustus. Untuk tenis, di Stadion Tenis Bukit Asam Jakabaring. Ada dua nomor perlombaan, soft tenis 28 Agustus-1 September dan tenis 18-24 Agustus. “Triathlon di Danau JSC, 31 Agustus-2 September. Terakhir, voli pantai di venue Voli Pantai JSC, 19-28 Agustus. Untuk opening dan closing, di SUGBK, Jakarta, 18 Agustus dan 2 September,” terangnya.
Masih kata Muddai, progres venue sudah cukup bikin tenang. Bahkan, boling yang merupakan venue baru, pembangunannya sudah kelar. “Venue dayung sudah 90 persen, tinggal penunjang, seperti ruangan VIP dan tribun penonton. Untuk menembak, sekarang ada sebagian yang sedang dikerjakan namun masih menunggu peralatan dari Kemenpora. Diharapkan, Maret atau April, sudah tes event,” katanya.
Hanya roller sports, yang belum dikerjakan. “Namun untuk roller skate, akan dikerjakan mulai Maret oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Itu kan sepatu roda, tinggal moles aspal. Kalau untuk skateboard, akan dibangun di sebelah venue roller skate JSC,” tuturnya.
Ditambahkannya, Wapres RI, H Jusuf Kalla, sebagai ketua pengarah panitia Asian Games, minggu depan dikabarkan bakal tinjau Palembang. “Agenda wapres masih tentatif. Kalau jadi, dijadwalkan tinjau JSC, salah satunya venue boling,” tukasnya. (ion/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!