Jaga Tradisi Halal Bi Halal

HALAL BIHALAL: Ibu tartila Ishak Mekkii saat memberikan kata sambutan dalam acara Halal Bihalal BKOW Sumsel di rumah dinas wakil gubernur, Selasa (10/7). Foto: Kemas/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Hampir empat pekan lamanya Hari Raya Idul Fitri 1429 H berlalu tapi hingga kini suasana halal bi halal masih terasa.

Salahsatunya seperti kegiatan halal bi halal yang diadakan keluarga besar Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Sumsel di rumah dinas Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel di Jl Demang Lebar Daun, hari ini (10/7).

Di acara yang dihadiri tak kurang dari 300-an anggota yang terdiri dari unsur penasehat, pengurus, sesepuh dan anggota BKOW Sumsel dan organisasi di wanita yang ada di Sumsel ini diisi pula dengan tausiyah yang disampaikan Ustadz KH Amiruddin Muslim.

Ketua BKOW Sumsel, Hj Tartila Ishak Mekki dalam sambutannya berharap melalui halal bi halal ini selain menjalin tali silaturahmi antar sesama anggota BKOW Sumsel sekaligus merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama.

“Bertemunya setiap pribadi-pribadi dengan niata menyambung tali silaturahmi menjadi salah satu tujuan diselenggarakannya halal bi halal ini,” ucap Tartila.

Hal senada disampaikan ketua III BKOW Sumsel, Hj Yulia Suri Kasim yang menyebut selain sebagai sebuah tradisi yang tiap tahun digelar, halal bi halal BKOW Sumsel ini dimaksudkan agar setiap anggota bisa lebih akrab dan lebih mengenal satu dengan yang lainnya.

“Halal bi halal pasca Idul Fitri ini hanya ada di Indonesia, sebuah tradisi dari leluhur bangsa Indonesia yang patut untuk dilestarikan guna terus memupuk jalinan kebersamaan diantara sesama anggota,” imbuh Yulia.

KH Amiruddin Muslim dalam tausiyahnya mengatakan manusia diuji dengan berbagai hal seperti ujian kesehatan, rezeki yang banyak, rezeki sempit, jabatan dan sebagainya.

“Selama Ramadan kita diuji dengan kesabaran menjalankan puasa.Selanjutnya dengan menjalankan berbagai ibadah seperti shalat tarawih, shalat tahajud serta shalat sunat lainnya,” kata Ustad Amiruddin.

Ketua Panitia Halal Bihalal BKOW Sumsel, Hj Elimanizar mengatakan tradisi halal bihalal di lingkungan organisasi kewanitaan adalah  budaya yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan agar tidak hilang.(kms)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!