Jalan Provinsi Rusak, ini Kata Dewan

Jalan provinsi di Kabupaten PALI yang rusak. foto: heru febrian sumeks.co.id

PENDOPO – Meskipun arus mudik menjelang Lebaran Idulfitri tahun ini masih sekitar tiga minggu lagi, namun akses jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ke Kabipaten Musi Banyuasin (muba) masih terlihat rusak, sehingga membuat para pengemudi harus ekstra hati-hati melintasinya.

Seperti halnya jalan provinsi yang membentang di tengah wilayah Kabupaten PALI, mulai dari Desa Talang Bulang, Benuang, Karta Dewa, Sinar Dewa, dan Panta Dewa, Kecamatan Talang Ubi yang mengalami rusak akibat angkutan perusahaan yang melewati tonase standar.

Mulyadi, salah satu tokoh masyarakat setempat mengungkapkan keprihatinannya melihat kondisi jalan provinsi yang dilalui angkutan batu bara melebihi batas, dan tidak menggunakan jalan perusahaan yang semestinya.

“Tidak ada untungnya perusahaan ini, Kabupaten PALI hanya sebagai perlintasan saja, dan dampaknya jalan yang dilalui angkutan perusahaan mengalami rusak. Dan tak sedikit yang menimbulkan korban jiwa akibat itu. Ini wewenang pemerintah provinsi yang harus dikaji ulang,” kata Mulyadi, Jumat (18/5).

Sementara, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten PALI Devi Harianto SH MH menyatakan, bahwa jalan tersebut merupakan tanggung jawab provinsi. Untuk itu pihaknya akan komunikasikan terlebih dahulu agar ini bisa ditanggulanggi Pemprov Sumsel.

“Wewenang jalan itu milik pemerintah provinsi. Namun, benar kita sayangkan tidak adanya kepedulian pihak perusahaan untuk ikut memperbaiki jalan tersebut, karena jalan yang digunakan merupakan milik negara, yang semestinya tidak dilalui armada pengangkut perusahaan,” ungkapnya. (ebi)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!