Jawara Abnon Kepulauan Seribu Siap Mendongkrak Kunjungan Wisman

JAKARTA-Teka teki siapa Abang dan None (Abnon) Kepulauan Seribu 2017 akhirnya terjawab. Bertempat di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta pada Sabtu, 29 April 2017, terpilih tiga wakil finalis Abnon salah satu destinasi prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tersebut untuk adu kehebatan di pemilihan Abnon DKI Jakarta.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti didampingi Kepala Bidang Penguatan Jejaring Asdep Bisnis dan Pemerintah Kemenpar Hidayat mengatakan, pemilihan Abnon Kepulauan Seribu kali ini mengusung tema Seribu Kontribusi Untuk Satu Destinasi dan digelar dengan konsep rakyat.

Kata Esthy, setelah melalui pertimbangan dan penilaian dewan juri yang cukup kompetitif, akhirnya terpilih sebagai juara satu Abnon Kepulauan Seribu 2017 yaitu Adi jaya dan Sabrina. Kemudian pemenang wakil 1 yaitu Andri Marsyadi Tri Nugroho dan Rifka, lalu pemenang wakil 2 yaitu Satria Kamirah dan Rizki Soraya Diva.

“Kemenangan ini adalah kemenangan Kepulauan Seribu untuk terus mendunia dan pariwisata Indonesia terus bergairah, kami akan satu komitmen dengan pemerintah untuk mendongkrak kunjungan Wisman (Wisawatan Mancanegara,Red),” ujar Adi usai terpilih.

Dalam pemilihan tersebut juga muncul juara harapan 1 yang disabet oleh Evander dan Claudia Annissa, lalu juara harapan 2 diambil oleh Abdul Rochman dan Yuliette Natasha, serta juara favorit dimenangkan oleh Rahaditya dan Angelia Rizki. Sebelumnya, dari total 121 peserta, yang lolos seleksi berjumlah 119 orang, terdiri
dari 42 Abang dan 77 None, dan akhirnya terpilih 30 finalis Abnon.

Baca Juga :  Di Manchester, Indonesia Tawarkan Danau Toba ke Investor Perhotelan

Setelah itu diambil tiga finalis dari Abnon Kepulauan Seribu yang terpilih sebagai pemenang pertama, pemenang wakil 1 dan wakil 2 untuk berpartisipasi dalam pemilihan Abnon tingkat Provinsi DKI Jakarta. Dalam pemilihan, kemarin malam, dimulai pada pukul 19.00 ini pun dimeriahkan dengan beragam acara yang melibatkan finalis serta
muda mudi berbakat Kepulauan Seribu. Mulai dari pertunjukan marawis, tari tradisional, adu pantun, puisi, live music oleh Omega Band, serta penampilan bintang tamu Marchel Siahaan.

Acara final pemilihan juara Abnon Kepulauan Seribu ini secara resmi dibuka oleh Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo. Dalam pidatopembukaannya, Budi mengungkapkan jika semua finalis diharapkan dapat mempromosikan potensi pariwisata di Kepulauan Seribu.

“Sejak jadi finalis, Abnon Kepulauan Seribu ini adalah pemenang, dan dapat menampilkan yang terbaik untuk kemajuan pariwisata di Kepulauan Seribu, terutama mentarget” ujar Budi yang juga diamini Esthy.

Esthy juga berharap agar para finalis Abnon Kepulauan Seribu menjadi endorser pariwisata yang bisa mempromosikan dan menarik turis domestik maupun mancanegara datang ke pulau-pulau wisata yang ada di wilayah Kepulauan Seribu.

Esthy menambahkan, dukungan diberikan Kemenpar lantaran Kepulauan Seribu saat ini merupakan salah satu destinasi wisata prioritas yang masuk ke dalam ’10 Bali Baru’ yang sedang dikembangkan sebagai destinasi kelas dunia oleh Menpar Arief Yahya.

Baca Juga :  Kumpulkan Brand, Promosi Pariwisata

Menurut Esthy, karena merupakan gugusan kepulauan, Kepulauan Seribu tentunya memiliki berbagai potensi wisata yang bisa dikembangkan, terutama dari sektor
bahari. “Jadi, untuk para Abnon Kepulauan Seribu 2017 yang nantinya bakal terpilih harus punya wawasan pariwisata yang luas terutama mengetahui betul seluruh potensi wisata yang ada diKepulauan Seribu,” katanya.

“Tujuannya, agar informasi wisata yang disampaikan atau dimuat di medsos-nya tepat dan menarik,” sambung Esthy didampingi Hidayat.

Wawasan dari Abnon ini pun di uji oleh para juri yang diketuai oleh Imron, Spdmm, pada malam final. Seluruh finalis satu persatu diberikanbeberapa pertanyaan berbeda. Salah satunya adalah mengenai cara dan upaya dalam mengembangkan pariwisata di Kepulauan Seribu.

Pertanyaan ini mendapat jawaban yang beragam dari para finalis. Ada yang menjawab dengan cara menonjolkan kebudayaan serta potensi alamnya hingga mempromosikan via media sosial.

Bupati Kabupaten Administrasi Kepuluan Seribu, Budi Utomo pun memberi ucapan selamat
kepada para finalis yang telah terpilih untuk mewakili kepuluan seribu.

“Pemenang Abnon ini adalah yang terbaik untuk kita semua, kami berharap partisipasi Abnon terus berlanjut di tingkat Provinsi DKI dan kontribusinya makin baik untuk kemajuan pariwasata Pulau Seribu,” ujarnya saat menutup malam final pemilihan Abnon Pulau Seribu 2017. (*/kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!