Jelang Haornas, Gelar Selamatan

Pemukulan beduk bagian dari rangkaian acara memperingati Haornas.foto:i stimewa

MAGELANG – Ada yang beda dengan peringatan hari olahraga nasional alias Haornas tahun ini. Peringatan yang selalu dilaksanakan pada 9 September yang pada 2017 dipusatkan di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, tersebut diawali acara selametan, tirakatan, dan wayang. Acara tersebut digelar Jumat (8/9) atau sehari sebelum peringatan Haornas. Selain itu, senam jasmani juga tak lupa melengkapi proses puncak peringatan Haornas tersebut.

“Kegiatan yang digelar berturut-turut selama beberapa hari ini jadi rangkaian Haornas. Gebyar memang harus dilakukan agar hari besarnya Insan Olahraga ini benar-benar mampu terasa di masyarakat,” ungkap Yulianto, sutradara event perayaan Haornas 2017.

Sejatinya, selain senam massal serta malam tirakatan rangkaian menghebohkan perayaan
Haornas juga dilakukan dengan gelaran Liga Pelajar Piala Menpora U-14 dan 16. Ada juga pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara, yang disiapkan sebagai salah satu kegiatan puncak acara bersepeda santai dengan massal. Sayangnya, Presiden RI Joko Widodo yang awalnya datang tapi lantaran padatnya agenda membuat rencana tersebut urung terlaksana.

Orang nomor satu di negeri ini memerintahkan langsung kepada Menpora Imam Nahrawi, untuk memimpin puncak perayaan Haornas yang jatuh setiap 9 September tersebut. Menpora sendiri sudah menyatakan siap turut menjadi bagian dari suksesnya Haornas. Puncak perayaan sendiri, rencananya digelar pada Sabtu malam (9/9).

Baca Juga :  Lihat Nih... Sekolah ini Upacara Dalam Kelas

Puncaknya adalah prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia dan terwakili oleh 90 Kabupaten/Kota di setiap provinsi. Upacara sakral tersebut, sekaligus menandai peletakan batu pertama pembangunan monumen tanah air persatuan, yang ditempatkan di Gunung Tidar, Magelang. (kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!