JK: Indonesia 90 Persen Siap

KOORDINASI: Gubernur Alex Noerdin menyalami Wapres Jusuf Kalla usai rakor di Jakarta, kemarin. Foto: Humas Pemprov for Sumeks

JAKARTA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla optimistis seluruh venue Asian Games 2018 bakal rampung dua bulan sebelum penyelenggaraan. Dia juga kaget dana sponsor yang masuk melebihi ekspektasinya.
Jusuf Kalla memimpin rapat koordinasi persiapan Asian Games 2018 di Wisma Serba Guna Inasgoc, kemarin. Ada empat hal yang dibahas dalam rapat tersebut. Yakni, persiapan venue, atlet, dana, serta pengadaan barang dan jasa.
Menurut dia, secara umum sudah banyak kemajuan Indonesia sebagai tuan rumah multievent terakbar se-Asia itu. Meski ada beberapa catatan, dia menyatakan 90 persen venue di Jakarta dan Palembang sudah siap.
Di Jakarta, misalnya. Di kompleks Gelora Bung Karno hanya tinggal proses penataan tata ruang. Untuk penggarapan equestrian sudah 98 persen dan velodrome mencapai 83 persen pembangunan. Sedangkan, di Palembang, venue Jakabaring Sport Center, dayung, dan venue menembak sudah selesai.
Catatan mengenai korsleting di Hall Basket Senayan disebabkan karena beban listrik yang terlalu berat. Venue tersebut memang belum 100 persen rampung. “Panel listrik yang dipasang sementara untuk test event tidak kuat hingga akhirnya terbakar,” ungkapnya.
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, memaparkan dana honor pelatih dan atlet sudah didistribusikan. Hanya memang ada beberapa yang belum. “Faktornya masih ada masalah internal di masing-masing cabor maupun kurang lengkapnya dokumen,” tuturnya.
Ketua Inasgoc Erick Thohir bersyukur dana yang terkumpul untuk pagelaran Asian Games 2018 sudah melebihi target. Dana yang terkumpul saat ini berjumlah Rp6,6 triliun. “Pak Wakil Presiden (Jusuf Kalla, red) mengapresiasi dan bilang sudah lebih dari ekspektasi,” katanya. Mengingat, pemerintah awalnya hanya menarget Rp4,5 triliun.
Dengan demikian, dia yakin penyelenggaraan Asian Games Agustus nanti tidak akan kekurangan dana. Jumlah tersebut diperoleh dari APBN, Sponsor BUMN, dan swasta. Erick tidak menduga dana sponsor yang semula ditarget mencapai Rp700 miliar bisa mencapai Rp1,1 triliun.
Gubernur Alex Noerdin menjelaskan secara singkat dan terperinci bahwa secara keseluruhan venue di Jakabaring serta segala infrastruktur pendukung sudah sangat siap. “Kecuali LRT semua sudah siap. Dua Jembatan Musi, 4 jalan tol, fly over, underpass kelar. LRT Mei nanti paling lambat sudah full operation. Kemudian tinggal landskap serta penataan taman dan rumput,” tegasnya.
Bahkan demi meyakinkan seluruh masyarakat Indonesia, Alex mengusulkan ke Wapres RI Jusuf Kalla untuk mengajak ratusan wartawan yang ikut ke Jakabaring melihat langsung persiapan Sumsel.
“Saya usul ajak ratusan wartawan ke Jakabaring melihat langsung kawasan olahraga terpadu dan persiapannya. Kebetulan nanti tanggal 25 Februari ada kejuaraan bowling. Kami akan fasilitasi,” tambah Alex.
Ditanya soal perbandingan persiapannya dengan tuan rumah lainnya Jakarta, Alex mengaku hanya fokus melakukan persiapan sebaik mungkin. Dia hanya memastikan di Jakabaring nanti atlet dan ofisial bisa menjangkau satu venue ke venue lain hanya dalam tempo waktu 5-10 menit dengan berjalan kaki atau golf car yang disediakan. (rel/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!