Jokowi Bangga Pada ASEAN

Presiden Joko Widodo.

JAKARTA – Terjaganya stabilitas kawasan dan terus bergerak mewujudkan kesejahteraan bersama menjadi dasar yang kuat bagi ASEAN untuk menjadi pusat perekonomian dunia. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan

“Berdasarkan data World Economic Forum, saat ini ASEAN merupakan kekuatan ekonomi terbesar keenam di dunia dan pada tahun 2020 akan menjadi kekuatan ekonomi kelima terbesar di dunia. Dan pada tahun 2030, ASEAN akan tumbuh menjadi pasar keempat terbesar di dunia setelah Uni Eropa, AS dan RRT,” kata Presiden Joko Widodo dalam Perayaan 50 Tahun ASEAN yang digelar di Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

Baginya, ASEAN merupakan kawasan istimewa bila dibandingkan dengan berbagai kawasan lain di dunia. Di saat sebagian kawasan lain menghadapi konflik berkepanjangan, ASEAN masih tetap mampu menjaga stabilitas di kawasan Asia Tenggara.

Namun, diakui olehnya, tantangan yang akan dihadapi oleh ASEAN di masa mendatang tidaklah mudah. Dari sisi politik keamanan misalnya, Presiden mengatakan bahwa ASEAN akan menghadapi rivalitas negara-negara besar yang saling berebut pengaruh di kawasan Asia Tenggara maupun di level global. (ran)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!