Jumlah Pengangguran Fluktuatif

222

PAGARALAM – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pagaralam, Saring SE melalui Kasi Statistik Sosial,Choirul Okvianto mengungkapkan, jumlah pengangguran di Kota Pagaralam cenderung fluktuatif. Hal ini seiring kebanyakan pekerja berkerja di sektor non formal.

“Secara umum, tingkat pengangguran di Kota Pagaralam bisa dibilang fluktuatif atau naik-turun, karena kebanyakan dari pekerja kita bergerak dibidang non formal. Dan konsep kerja BPS bisa dibilang sebagai pekerja itu,seorang yang bekerja seminggu 1 jam secara
berturut-turut,” terang Choirul.

Dikatakan Choirul, bila dianalisis lebih lanjut berdasarkan status keluarga, anak yang menjaga warung di toko atau anak-anak yang membantu panen kopi di kebun, kalau bekerja seminggu 1 jam sudah dianggap sebagai pekerja.

“Dari sini jangankan tiap tahun, tiap bulan pun ketika ada musim panen, maka angka penggangguran berkurang. Pun sebaliknya, ketika bulan berikutnya, jika tidak ada lagi perkerjaan, jumlah angka penggangguran pun naik, begitu juga seterusnya kadang naik dan juga turun tergantung musim,” bebernya. (ald)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Sabtu (20/5). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!