Kabupaten ini Banjir TKA

Ilustrasi TKA
Ilustrasi

LAHAT – Jumlah TKA (tenaga kerja asing) di Kabupaten Lahat meningkat. Data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat, hingga Maret 2017, tercatat 212 tenaga kerja asing (TKA). Jumlah itu meningkat dibanding tahun lalu, sebanyak 169 orang.

Ratusan TKA itu dinominasi tenaga kerja asal Tiongkok.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Lahat H Ismail Hanafi melalui Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kerja, M Jonliadi mengatakan, jumlah itu dipastikan akan bertambah. Sebab masih ada TKA lain yang mengurus dokumen agar dapat bekerja secara legal.

“Cukup banyak meningkatnya,” kata Jonliadi di ruang kerjanya, Rabu (5/4).

Ratusan TKA tersebut tersebar di berbagai perusahaan, salah satunya yang terbanyak di PT Priamanaya Energy, termasuk sub kontraktornya, PT CHD Power Plant Operation. Dimana terdapat 188 orang TKA yang bekerja di perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang berada di Desa Kebur, Kecamatan Merapi Barat itu.

“Maret tahun 2016 tercatat ada 163 orang tenaga kerja asing yang bekerja disana (PT Priamanaya),” terangnya.

Secara keseluruhan, TKA yang bekerja di Kabupaten Lahat didominasi oleh pekerja asal Tiongkok, sisanya berasal dari Malaysia dan Thailand. TKA itu bekerja sesuai dengan masa izin yang berlaku. (irw)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!