Kader Posyandu Duta Masyarakat

Ilustrasi

PAGARALAM – Kader Pos Layanan Terpadu (Posyandu) berada di tiap wilayah UPTD Puskesmas memiliki peran penting bagi masyarakat, terutama didalam bidang kesehatan yang dikelola oleh kader Posyandu, demikian dikatakan Plh Dinkes Kota Pagaralam, Misnan SIp.

“Posyandu ini dibentuk diantaranya dengan sasaran untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Dan di sini peran Kader Posyandu itu amatlah penting mengajak dan menggerakkan masyarakat untuk dapat hidup sehat,” terang Misnan.

Misnan mengungkapkan, bukan hanya mengajak dan menggerakkan masyarakat, kader Posyandu juga berperan untuk ‘menghayo-hayokan’ masyarakat yang memiliki anak Balita agar dapat menimbang berat badannya di Posyandu. Termasuk juga ikut terlibat dalam penyuluhan kesehatan dengan menanamkan kepada masyarakat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Bisa dibilang Kader Posyandu ini sebagai dutanya masyarakat di bidang kesehatan.Setiap Posyandu itu ada sekitar 5 – 10 kader Posyandu. Kita berharap peran serta dan keaktifan kader Posyandu dapat lebih berperan aktif lagi di masyarakat, dengan memberikan contoh ke masyarakat tentang PHBS dan lain sebagainya,” pesannya. (ald)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Minggu (13/8). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!