Kapan Rincian Formasi CPNS 2018 Diumumkan?

PALANGKA RAYA – Masa pendaftaran CPNS 2018 akan dimulai 19 September. Namun formasi CPNS di kabupaten/kota masih berupa angka. Belum ada rincian alokasi formasi yang diperlukan. Pemprov Kalteng berharap agar rincian formasi CPNS 2018 segera diumumkan ke public.

“Saya berharap, umumkan secara terbuka. Karena CPNS ini menjadi seleksi yang terbuka dan ditunggu-tunggu masyarakat,” kata Pj Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, seperti diberitakan Kalteng Pos (Jawa Pos Group).

Dia menjelaskan, informasi rincian formasi sangat penting bagi masyarakat yang ingin melamar. Dengan disampaikan kepada publik, bisa memberikan kesempatan bagi pelamar untuk memilih tempat dan memperhitungkan peluang untuk diterima di suatu daerah.

“Agar masyarakat yang ingin mendaftar CPNS bisa melihat peluangnya di mana. Dia bisa lebih mempersiapkan diri sehingga lebih berpeluang untuk diterima. Sebab, biasanya minat bisa tergantung wilayah. Misalnya, kalau di Palangka Raya saingannya dirasa berat, dia bisa mencari alternatif di daerah lain,” katanya.

Ketua Ombudsman Kalteng Thoseng Asang mengatakan, rincian formasi CPNS sudah ditunggu masyarakat luas yang ingin melamar CPNS.

“Ya, agar masyarakat tahu. Pengumuman alokasi formasi jangan ditunda-tunda. Karena ini demi kepentingan masyarakat,” ujarnya kepada Kalteng Pos.

Thoseng mengatakan, apabila kabupaten/kota mengalami kendala sehingga tidak bisa membeberkan formasi CPNS tersebut ke masyarakat luas, hendaknya segera dikonsultasikan dan dikoordinasi dengan Pemprov Kalteng, seperti apa baiknya.

“Kalau tidak berani, coba dikoordinasikan dengan gubernur atau perangkat daerah di wilayah tersebut,” terangnya.

Salah satu yang terkesan enggan dan tertutup mengenai rincian dari formasi CPNS ini, adalah Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Palangka Raya. Pihak BKPP enggan membeberkan hal tersebut. Walaupun sebenarnya rincian formasi itu sangatlah ditunggu oleh para pencari kerja.

“Sepertinya sudah masuk di media per tanggal 11 September lalu mbak,” ucap Plt BKPP Kota Palangka Raya, Mesliani Tara.

Terpisah, Maya warga Kota Palangka Raya mengaku cemas, karena formasi CPNS untuk Kota Cantik ini belum ada rinciannya, terkait formasi apa saja yang dibuka dan dicari. Dia juga mempertanyakan BKPP yang terkesan tertutup menginformasikan kepada masyarakat luas.

“Sangat disayangkan ya mbak. Karena sampai saat ini saja, saya belum tahu apa saja formasi dari jumlah untuk Palangka Raya itu. Hanya masih secara umum saja. Padahal harusnya itu dipublikasikan saja, agar masyarakat bisa siap-siap dan tahu apa saja yang dicari,” keluhnya. (uni/ari/ce/ram)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!