Karhutla Terkendali

Lahan terbakar di kawasan Desa Lingkis, Kecamatan Jejawi, OKI. Foto: Polres OKI for Sumeks

KAYUAGUNG – Kebakaran lahan masih saja terjadi. Satelit LAPAN deteksi hotspot (titik panas) di kawasan Tulung Selapan. Namun, saat tim terpadu melakukan pengecekan ternyata kebakaran berada di Kecamatan Jejawi. Persisnya berada pada lahan tidur berupa semak belukar di Desa Lingkis.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.30 WIB dengan bantuan tim heli dan tim darat dari Polri, TNI, Manggala Agni, dan Masyarakat Peduli Api. “Api sudah padam,” ujar Kapolres OKI AKBP Ade Harianto melalui Kabag Ops Polres OKI Kompol God Parlaslo Sinaga.

Namun, tim gabungan masih tetap siaga. Tim Pidsus dari Satreskrim Polres OKI juga telah dikerahkan guna melakukan penyelidikan kebakaran tersebut. “Untuk luasnya masih dicek. Anggota Pidsus juga telah meluncur untuk melakukan olah TKP,” ungkapnya.

Dandim 0402 OKI Letkol Inf Seprianizar menambahkan, selain kebakaran lahan di Jejawi, kebakaran lahan juga terjadi di Kecamatan Lempuing Jaya. “Yang terbakar di kawasan kebun karet warga,” ungkap Dandim.

Terpisah, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah mengatakan, ada tiga titik hotspot melalui satelit LAPAN dan langsung dilakukan ground check dan pemadaman melalui udara dengan waterbombing.

Dari upaya yang dilakukan saat ini antisipasi karhutla bisa terkendali. Seluruh petugas baik darat, udara maupun masyarakat dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Begitu terdeteksi titik api pihaknya berkoordinasi dengan tim, langsung bergerak cepat. Selain waterbombing, teknik modifikasi cuaca juga dilakukan. Karena saat ini terdapat pertumbuhan awan. (gti/uni/vin/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!