Kebersihan Kota jadi Sorotan

Alex Noerdin

PALEMBANG – Banyak pembenahan yang harus dilakukan Palembang untuk Asian Games. Yang menjadi sorotan adalah kebersihan dan tata kota. Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menginstruksikan itu untuk diperbaiki.
“Kota ini akan jadi sorotan, petinggi utama negara ini, dan tamu – tamu dari mancanegara. Yang utama kami instruksikan, mengenai kebersihan dan penataan kawasan kumuh,” kata Alex dalam sosialisasi Asian Games di halaman Rumah Dinas Walikota Palembang, tadi malam (9/3).
Salah satu instruksi yaitu adanya pembangunan public toilet. Sebab, hal itu dinilainya sebagai tolak ukur kebersihan. Oleh karena itu, Alex meminta Pemkot Palembang untuk membuatnya. Padahal, katanya, toilet public ini sebelumnya sudah pernah ditawarkan.
“Ini seharusnya sangat penting untuk masyrakat atau pengunjung, karena fasilitas ini sangat dibutuhkan,” tegasnya. Public toilet ini diperlukan di beberapa tempat. Seperti kawasan Benteng Kuto Besak.
Lalu, untuk kawasan kumuh. Alex meminta Pemkot segera menata. Solusinya seperti dengan melakukan cat warna-warna. “Itu biar tak nampak kumuh,” katanya. Keindahan kota yang sudah ada juga harus dijaga.
Pihak kepolisian perlu menertibkan hingga menangkap dan memberikan hukuman. Utamanya yang merusak proyek infrastruktur seperti tiang – tiang LRT. “Tangkap saja itu pak (polisi, red) jika ditemukan ada yang merusak infrastruktur, baik itu di coret – coret. Tangkap dan hukum biar ada efek jera,” tukasnya.
Pjs Walikota Palembang, Akhmad Najib menambahkan, Palembang dalam rangka sosialisasi Asian Games memang tak lepas dari beberapa permasalahan. Berkaitan dengan sampah. Palembang juga saat ini juga penuh tantangan, pasalnya saat ini sampah kota Palembang mencapai 900 ton per hari ditambah dengan lahan terbatas.
“Asian Games dengan banyaknya tamu datang menjadi hal yang juga harus kami antisipasi, karena ini juga akan berdampak pada peningkatan volume sampah,” tandasnya. (Cj10/rip)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!