Kebut Restorasi Sungai Sekanak

RESTORASI: Alat berat membersihkan sungai Sekanak, kemarin. Foto: Irwansyah/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Kawasan Sungai Sekanak yang belum lama ini telah dipercantik kini mulai ditata ulang lagi. Sudah sekitar empat minggu berjalan proses pelaksanaan restorasi Sungai Sekanak. Hingga saat ini tengah dikerjakan pemasangan tiang baja dan pengelasan plat di setiap tepi sungai. Hal ini terlihat dari pantauan koran ini, Minggu (10/6).

Pemerintah Kota Palembang akhirnya mewujudkan wisata sungai di Kota Palembang. Sekanak menjadi wisata yang nantinya bakal dilayari oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Restorasi Sungai Sekanak ini diberi nama Sidewalk dan Mercu Dungai Sekanak tahap I. Menghubungkan dari Sekanak hingga ke Sungai Lambidaro Gandus.

Dengan proses tender yang menelan anggaran hingga Rp7,424 milyar. “Nantinya lokasi ini bakal bisa dilayari sambil menikmati pemandangan dalam Kota Palembang,” ujar mandor pengerjaan, Hendra. Ia mengatakan target pengerjaannya sekitar tujuh bulan namun terus dikebut pengerjaannya.

Dimana Sungai Sekanak akan dikeruk sedalam dua meter menggunakan ekskavator. Sehingga air Sungai Musi terus bisa mengalir meski kondisi sungai sedang dangkal. Dikatakannya nanti akan jadi semacam taman apung di tepi sungai.

Selanjutnya untuk pembuangan dari rumah-rumah warga tak lagi mengalir ke sungai. Melainkan sudah dialihkan melalui IPAL yang juga akan dibangun.

Untuk mengejar perhelatan Asian Games 2018 ini, pihaknya akan menyelesaikan Sidewalk ini dari muara Sungai Sekanak hingga ke Jembatan Karang di Mardeka. Selebihnya dari Merdeka hingga ke Sungai Gandus akan dilanjutkan setelah Asian Games 2018 nantinya.(cj14/lia/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!