Kejar Poin Laga Pembuka

PALEMBANG – Lupakan Piala Presiden 2018. Sriwijaya FC kini menatap turnamen pramusim kedua Piala Gubernur Kaltim (PGK) II-2018. Klub berjuluk Laskar Wong Kito akan hadapi tuan rumah Persiba Balikpapan pada penyisihan grup B di Stadion Batakan, Balikpapan, sore ini (live MNC TV, pukul 15.30 WIB).

Tak banyak mengetahui kekuatan lawan yang kini berlaga di Liga 2, pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, menyebut akan fokus untuk memaksimalkan kekuatan sendiri. Dengan memberikan kesempatan bagi pemain yang sebelumnya kurang mendapat jam main di Piala Presiden.

Kendati demikian, bukannya meremehkan lawan, RD, sapaan Rahmad Darmawan, justru meminta siapapun yang turun nanti bersungguh-sungguh. “Keuntungan kita adalah bermain di kandang lawan, yang seharusnya jadi ujian mental bagi pemain untuk lepas dari tekanan,” katanya.

Dukungan fans menjadi salah satu senjata mematikan tim Beruang Madu, julukan Persiba Balikpapan. RD berharap anak asuhnya, khususnya pemain muda bisa lepas dari tekanan lawan dan situasi bertanding di kandang lawan.

Ini akan menjadi modal besar untuk mengarungi kompetisi musim depan. Sebab, dengan mampu menguasai diri sendiri, tentu skuat Jakabaring bisa menguasai jalannya pertandingan dengan instruksi pelatih.

“Kita belum memiliki tim inti atau pelapis, atau seperti apa. Namun yang pasti, kita akan main dengan sungguh-sungguh siapapun lawan yang akan dihadapi. Termasuk tuan rumah,” kata mantan juru taktik Arema Malang dan Persipura ini.

Baca Juga :  Harus Lolos Cek Medis

Dengan formasi andalan, kombinasi muda dan senior, juga asing dan lokal yang dimiliki. Jika berhasil mencuri poin di laga perdana ini, suami Dinda Ety ini menilai timnya akan punya modal. Sebab, tim lain yang akan dihadapi di Grup B, yakni Madura United dan Persebaya, tak bisa dipandang sebelah mata.

Tiga tim tersebut, menurut pria yang gemar memakai topi ini punya kualitas sehingga bisa berlaga di Liga 1 musim ini. Oleh karenanya, sebagai persiapan, Sriwijaya FC bisa dibilang beruntung mendapatkan undangan sebagai kontestan, di luar target yang diusung yakni untuk memenangkan setiap pertandingan.

“Dengan diundang tentu kita diberi kesempatan lebih untuk melihat komposisi ke depan seperti apa. Terlebih merasakan aroma kompetisi, saya pikir anak-anak akan mengapresiasi hal ini sebelum Liga 1 dimulai,” jelasnya.

Sementara itu, Ichsan Kurniawan, gelandang yang diprediksi akan diturunkan oleh Rahmad Darmawan di laga perdana hari ini, mengungkapkan, jika dirinya akan memaksimalkan setiap kesempatan. Menit bermain yang kurang harus dikejar untuk sama dengan pemain lain yang diberi kesempatan di Piala Presiden.

“Kita di sini bersama tim dan ikut instruksi pelatih. Tentu akan dimaksimalkan jika diberi kesempatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Bio Pasrah

Terpisah, Pelatih Persiba Balikpapan, Wanderley mengakui kekuatan Sriwijaya FC. Sebagai juara tiga turnamen Piala Presiden. Dia justru memuji jika skuat Laskar Wong Kito seharusnya berada di partai puncak menghadapi Persija Jakarta.

Oleh karenanya, di laga perdana ini, Wanderley berharap pemainnya bisa tampil baik dihadapan pendukung meski kalah kelas dibandingkan Sriwijaya FC. “Kami menyadari kekuatan lawan jauh di atas kami. Namun turnamen ini, setidaknya juga menjadi ajang hiburan bagi warga sebelum kompetisi dimulai. Saya minta anak-anak main lepas dan ceria menghadapi siapapun, termasuk Sriwijaya FC,” tukasnya. (aja/ion/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!