Kejutan Boneka Berjalan

HIDUP: Boneka Lulu saat diletakkan di salahsatu persimpangan Kota Tokyo, Jepang. Foto: Reuters

TOKYO – Gadis cantik yang berpose di salah satu persimpangan ramai Kota Tokyo itu bukan manusia. Tapi, ia juga bukan boneka. Ia adalah Lulu Hashimoto atau Lulu, sebuah boneka hidup. Ia lahir dari kreativitas Hitomi Komaki, perancang busana muda Jepang yang sedang naik daun.
“Saya selalu suka boneka. Bagi saya, daya tarik yang paling sempurna adalah boneka,” kata Komaki. Maka, perempuan 23 tahun itu menciptakan Lulu. Sejatinya, Lulu adalah kigurumi alias maskot. Siapa pun bisa menjadi Lulu. Sebab, yang diciptakan Komaki adalah kostum boneka seukuran manusia. Lengkap dengan wig dan topengnya. Maka, tidak heran jika Komaki menyebut Lulu sebagai fashion bentuk baru.
Untuk menyempurnakan tampilan Lulu, Komaki menggandeng rekannya sesama desainer, Koh Ueno, untuk merancang stocking. Dari Ueno-lah kesan boneka atau robot melekat pada karakter Lulu. Yakni, dari stocking yang memberikan kesan bahwa kaki dan tangan Lulu memiliki engsel, sekrup, dan sambungan. “Saya ingin melihat kaum hawa yang memakai stocking ini bertransformasi menjadi sosok istimewa,” katanya.
Seperti manusia sungguhan, Lulu pun punya akun Twitter dan Instagram. Itulah yang membuat buah kreasi Komaki dan Ueno tersebut punya banyak penggemar. Salah satunya Erika Kato. “Saya sangat mengaguminya. Saya menemukan sosok boneka dan manusia sekaligus pada dia. Saya ingin menjadi Lulu,” katanya. Harapan itu bisa saja terwujud. Sebab, selama ini sosok di balik Lulu selalu berganti. (Reuters/hep/c10/any)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!