Kenyamanan Nasabah Tetap Dijamin

BUKA:BUKAAN: Wajib pajak harus siap menghadapi era keterbukaan informasi akses keuangan di lembaga jasa keuangan di Indonesia. Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Lembaga jasa keuangan di Sumsel menanggapi positif Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang akses informasi keuangan. Meski, saat ini masih wait and see mengenai kebijakan tersebut.
Sekretaris perusahaan Bank Sumsel Babel (BSB), Faisol Sinin mengatakan, untuk hal ini pihaknya masih menunggu aturan teknis atau aturan turunannya dari Kementerian Keuangan dan OJK atas penerapan perppu tersebut. “Kami masih tunggu teknisnya dari otoritas terkait,” ujarnya.
Kepala wilayah Asuransi Bumi Putera Palembang, Amancik menegaskan, hal ini tak akan ganggu bisnis asuransi. “Secara administrasi dan bisnis kita tidak ada masalah dengan aturan tersebut, karena kita sudah lebih kurang 15 tahun melakukan atau menerapkan prinsip pengenalan nasabah,” ujarnya.
Sementara, melalui rilisnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku akan segera sosialisasikan aturan tersebut. Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad sendiri menilai aturan itu telah menjawab kekhawatiran industri jasa keuangan. Dia juga menjamin, nasabah tetap merasa nyaman karena data keuangan yang dilaporkan tidak akan terjadi penyalahgunaan.
“Sekarang mulai jelas. Dulunya banyak yang khawatir, banyak yang curiga. Dengan komunikasi dan sosialisasi yang baik, mudah-mudahan semakin jelas bahwa ini kesepkatan global dari negara kita,” katanya.
Muliaman juga memastikan akan terus mendengarkan masukan dari industri terkait implementasi keterbukaan informasi terkait perpajakan atau lebih dikenal dengan Automatic Exchange of Information (AEoI).
Lagipula, Indonesia sendiri baru akan ikut serta dalam era keterbukaan ini pada September 2018 mendatang. “OJK juga masih menyiapkan sejumlah instrumen turunan dari Perrpu tersebut dengan menyusun Surat Edaran OJK (SEOJK) sepanjang dirasa perlu,” tukas dia. (rip)

Baca Juga :  Tersisa 628 JCH Belum Melunasi

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!