Kepala Biro Pers Gedung Putih Mundur

sean spicer. Foto: REUTERS/Carlos Barria

Kepala Biro Pers Gedung Putih, Sean Spicer, menyatakan mundur dari jabatannya mulai Agustus mendatang. Konon dia melakukan itu lantaran tidak sepakat dengan keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menunjuk orang lain buat menduduki posisi direktur komunikasi.

Dilansir dari laman CNN, Sabtu (22/7), Spicer mengumumkan pengunduran dirinya kemarin. Sebelumnya, dia memang rangkap jabatan menjadi direktur komunikasi Gedung Putih. Kini, posisi itu ditempati wakil Presiden Senior Bank Ekspor Impor AS, Anthony Scaramucci.

Alasan mengapa Spicer menolak penunjukkan Scaramucci adalah dia khawatir terlalu banyak orang campur tangan dalam menyampaikan kebijakan Trump kepada pers dan masyarakat. Spicer juga menganggap keputusan Trump menunjuk Scaramucci sangat keliru karena tidak berpengalaman dalam bidang komunikasi. Namun, dia mengaku sudah menyampaikan pengunduran dirinya kepada Trump secara baik-baik. Dia juga diminta tidak langsung hengkang sampai beberapa pekan sebelum Scaramucci mulai bertugas.

Spicer merupakan orang dekat Kepala Staf Gedung Putih, Reince Priebus. Keduanya adalah bawahan dan atasan di Komite Nasional Republik tahun lalu. Kemungkinan, posisi ditinggalkan Spicer digantikan oleh Sarah Huckabee Sanders. (cnn/int)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!