Keseruan Acara Puncak

FOTO BERSAMA: Runner Up 2 Duta KPU dan Harapan 2 Duta KPU 2018 foto bersama pemenang lomba dai dan daiyah Zetizzen Sumeks Ramadan Xtra 2018 usai menyerahkan piala dan uang pembinaan. Foto; Panji Zetizen/Sumatera Ekspres

I’am Zetizen !Yay, event Ramadan Xtra Zetizen telah berhasil digelar dengan unjuk bakat dari setiap penampilan peserta lomba mulai dari Hadroh, Da’i dan Da’iyah, Sambung Ayat dan peserta Jurnalistik yang tak kalah aktif dan antusisas dalam ajang kompetisi Ramadan Xtra di atrium Palembang Icon, kemarin (11/6).
Tepat Pukul 11.00 acara dimulai dengan dibuka oleh pembawa acara Ramadan Xtra, Vikry. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan penampilan dari cabang lomba Da’i dan Da’iyah. Namun sebelum itu Ustad Agus Dody, M.Pd.I dewan juri lomba Ramadan Xtra memberikan aspek penilaian untuk lomba Da’i dan Da’iyah. “Peserta Da’i dan Da’iyah harus bisa memenuhi tiga aspek yaitu penguasaan materi, intonasi suara dan adab saat tampil nanti,” ujar Dody.
Uniknya, saat tampil beberapa peserta Da’i dan Da’iyah tidaklah datang dengan tangan kosong saja, namun ada yang membawa properti pendukung, seperti boneka guna mengilustrasikan materi dakwah yang disampaikan. Hal ini jugalah yang membuat penonton tetap terhibur sekaligus mendengarkan materi yang disampaikan peserta dengan seksama dan takjub akan kreatifitas anak muda dalam menyampaikan pesan-pesan Islam.
Setelah lomba Da’i dan Da’iyah dilanjutkan dengan lomba Hadroh. Kesenian islami yang banyak digandrungi masyarakat saat ini, khususnya di kalangan remaja. Irama tabuhan rebana yang merdu dan khas membuat lantunan sholawat yang diiringi menjadi terasa syahdu dan menggetarkan jiwa yang sangat menghibur bagi penonton dan pengunjung di Palembang Icon. Bukan hanya itu guys, kekompakkan peserta pun ditampilkan dengan ciri khas masing-masing mulai dari mengenakan pakaian tradisional Sumatera Selatan seperti songket sampai mengenakan pakaian muslim modern. “ Penampilan peserta overall bagus, mereka juga kelihatan bersungguh-sungguh untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, dilihat dari kostum yang dikenakan,” ucap Zulhanan, dewan juri Ramadan Xtra.
Last! perlombaan sambung ayat sebagai bentuk cinta Al-Qur’an, para peserta sambung ayat diwajibkan hafal juz 30 karena mereka harus melanjutkan ayat selanjutnya yang telah dibacakan oleh ketiga dewan juri. Kerennya para peserta sambung ayat berhasil melanjutkan ayat Al-Qur’an dengan jelas, fasih dan membaca Al-Qur’an sesuai dengan kandungan nilai ilmu membaca (tajwid), seni (lagu dan suara) etika (adab) membaca yang berhasil membuat penonton memberikan tepuk tangan karena takjub.
Selama pelaksanaan ketiga lomba diatas, peserta lomba jurnalistik juga berpacu dengan waktu untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan guna membuat berita tentang acara puncak Ramadan Xtra ini. Ketua pelaksana, dewan juri, hingga peserta tak luput dari incaran mereka untuk diwawancarai.
Finally, sosialisasi Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Palembang yang dilakukan oleh Muhammad Ubaidillah, Ketua umum IRMA Palembang. Acara puncak ini pun ditutup dengan pengumuman lomba dan penyerahan hadiah kepada para pemenang. “Aku senang sekali bisa jadi juara di Lomba Da’i Ramadan Xtra, dan terima kasih juga kepada Zetizen Sumatera Ekspres yang sudah mengadakan acara ini, sehingga bisa menjadi wadah untuk mengembangkan potensi masing-masing peserta.” tutup M. Fikri Rafliabyan, Juara 1 Lomba Da’i.
Wah, seru bangetkan generasi Z, Eitss.. buat yang nggak bisa ikut dalam perlombaan Ramadan Xtra ini jangan bersedih dulu ya, karena Ramadan tahun depan kita akan memberikan event yang lebih meriah lagi. So, jangan lupa cek terus halaman Zetizen dan akun Instagram @Zetizensumeks. (dns/pwn)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!