Keseruan Upgrading Class Day 2

SERIUS: Finalis Putri Duta Pelajar serius memperhatikan penjelasan Heri Santika, operational Head Terminal BBM Kertapati Pertamina tentang alat penyulingan minyak di lokasi TBBM Kertapati PT Pertamina. Foto: Ryan/Zetizen

Tiga Puluh Finalis Pemilihan Duta Pelajar Sumatera Selatan 2017 melanjutkan Upgrading Class dengan visitasi ke Refinery Unit III Pertamina Plaju dan Terminal BBM Kertapati, Jumat (27/10). Tak kalah seru dari Upgrading Class sebelumnya. Di hari ketiga seluruh Finalis Duta Pelajar mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu baru, guys. Penasaran? Yuk kita simak keseruannya!
Wah, Kalian kebayang nggak bagaimana proses pengolahan minyak bumi, mulai dari minyak mentah hingga menjadi produk siap didistribusikan? Nah sebanyak 15 pasang finalis ini diajak berkeliling kawasan untuk melihat alat pengolahan minyak lho! Pengilangan minyak ini nanti menjadi produk yang siap di distribusikan keseluruh produk Pertamina.
Well, Visitasi ini dalam rangka meneruskan perjuangan mereka sekaligus sebagai edukasi langsung oleh Tim Pertamina mengenai Kilang tempat dan pengolahan Minyak Mentah. Did you know guys, disini mereka mendapatkan pengetahuan tentang peraturan keselamatan pengilangan seperti barang apa saja yang dilarang dibawa saat visit ke lapangan serta tata cara menggunakan alat pelindung diri dengan baik dan benar.
Bukan hanya tempat kilang, finalis juga melanjutkan visitasi ke Terminal BBM Kertapati untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Pemasaran dan Distribusi Produk Pertamina. Pada kunjungan kedua ini kegiatan dibuka oleh Siti Rachmi Indahsari sebagai Communication and Relations Pertamina Sumbagsel; Adhi Hidayat, Health Safety Security and Enviroment Terminal BBM Kertapati dan Riva Amrulloh, Senior Supervisor RSD.
Kemudian, Tim HSSE yang menyampaikan pemaparan mengenai Safety Induction di Terminal BBM Kertapati. Pada pemaparannya, Tim HSSE menjelaskan peraturan keselamatan selama berada di Terminal BBM Kertapati khususnya pada saat visitasi ke area Pendistribusian produk Pertamina. Jadi,penggunaan alat pelindung diri bukan hanya digunakan di sekitar kilang pengelolahan tetapi di area distribusi Pertamina.
Antusias dan semangat para finalis seakan nggak pernah padam dalam menyimak dan mendengarkan informasi yang disampaikan oleh tim Pertamina. Pastinya banyak pengalaman berharga yang di dapat oleh para finalis.” Saya sangat senang sekali, dengan visitasi ini saya bisa mendapatkan pengalaman baru dan menambah wawasan. Selain itu saya juga bisa mengubah cara pandang saya dan tau lebih bayak lagi informasi tentang pertamina. Pokoknya sangat bermanfaat,” Ujar Thessalonica Evnice Gunawan, Finalis.
Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Selayang Pandang Terminal BBM Kertapati oleh Heri Santika, Operational Head Terminal BBM Kertapati yang kemudian langsung visitasi ke area pendistribusian Terminal BBM Kertapati. Visitasi finalis mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Pertamina. Seperti yang telah disampaikan oleh tim pertamina di awal visitasi.
“Kegiatan Pemilihan Duta Pelajar sumatera selatan ini sangat positif karena melibatkan generasi muda. Artinya kita telah menyelamatkan generasi muda untuk menghadapi tantangan yang akan mereka hadapi kedepannya. Kalo mereka tidak punya pengalaman semacam ini mereka tidak punya bekal dimasa yang akan datang,” tutur Siti.
Siti menyampaikan bahwa ia sangat mengapresiasi para finalis karena disamping mereka menuntut ilmu di sekolah mereka juga meluangkan ide- ide kreatif dan inovasi kemanusiaan yang mereka kerjakan dan tularkan pada masyarakat sekitar, “Harapan saya kegitan semacam ini bisa lebih menjamur lagi kedepannya, dengan artian lebih banyak lagi generasi muda yang terlibat dalam memberikan manfaat kepada orang sekitar karena semangat seperti ini harus terus dikobarkan dan dijaga,” Lanjutnya.
Gimana guys, keren banget kan. Nah mulai sekarang tanamkan jiwa semangat untuk menginsiprasi sekitar kita dengan hal yang positif ya! Sebagai Generasi Z, hal ini merupakan tugas dan kewajiban kita untuk memberi perubahan yang lebih baik lagi. Yuk, menginspirasi dengan Aksi! Ganbatte! (msa/dab)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!