Ketakutan Warga Faktor Utama Penyebaran HIV

HIV: Pemriksaan HIV secara gratis yang dilakukan Dinkes Muratara beberapa waktu lalu. Foto: Zulkarnain/Sumatera Ekspres

MURATARA-Virus Human Immunodiciency Virus (HIV)‎ merupakan penyakit yang sulit menular, namun perkembangannya justru sangat pesat di wilayah Indonesia. Pemerintah Daerah (Pemda), kabupaten Muratara, melalui Dinas Kesehatan mengklaim, pesatnya penularan tersebut akibat ketakutan warga melakukan secara dini.

Mery, salahsatu petugas medis di wilayah Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara yang sempat menangani pasien HIV menuturkan, dari pengalamannya selama melakukan perawatan rata-rata pasien yang terjangkit HIV, lambat mengetahui jika dirinya terkena virus mematikan tersebut dan lebih cenderung menutup diri jika sudah mengetahui positif terserang HIV Aids.

“Biasanya warga terlalu takut memeriksa kesehatan jadi lambat diketahui dan mereka malu jika sudah dinyatakan positif terserang HIV. Padahal, jika warga berani melakukan pemeriksaan secara dini, setidaknya ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah HIV tersebut,” katanya, Jumat (22/12).

Dia mengatakan, karena lambat ditangani, salah satu pasien yang sempat dia tangani baru mengetahui jika positif terkena HIV, dalam kondisi sudah parah.

“Karena lambat diketahui, kondisinya parah, otomatis sulit untuk ditanggulangi. Akhirnya pasiennya meninggal,” timpalnya. (cj13)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Sabtu (23/12). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!