Komplotan Pencuri Sarang Walet Diciduk

Empat pencuri sarang walet (duduk) diamankan di Mapolsek Bayung Lencir. Para pelaku sudah lima kali beraksi di dua provinsi. Foto: Polsek Bayung Lincir for Sumeks

BAYUNG LENCIR – Kerap meresahkan, empat pencuri walet dibekuk jajaran Polsek Bayung Lencir. Tersangkanya, Herman (42), Rizon (41), Dakir (38), Zupran (36), warga Kecamatan Bayung Lencir.

Mereka dibekuk Jumat (19/1) malam. Diduga, komplotan ini sudah seringkali beraksi di banyak tempat di dua provinsi, Sumsel dan Jambi. Tapi, kawanan ini hanya mengaku di lima lokasi.

Salah satunya, Desa Lubuk Harjo, Kecamatan Bayung Lencir, Muba, Minggu (6/1) sekitar pukuk 17.00 WIB. Sasaran mereka, sarang walet milik Jazili (42). Korban mengalami kerugian Rp7 juta.

Pelaku merusak gembok gedung, lalu menggasak sarang walet yang ada di dalamnya. “Dari hasil pemeriksaan, mereka mengaku dua kali beraksi di Bayung Lencir, dua lagi di Sungai Lilin dan sekali di Muaro Bungo Jambi,” beber Kapolsek Bayung Lencir AKP Novan Dwi Putera melalui Kanit Reskrim Iptu Beni Okimu.

Awalnya, petugas menangkap Herman di kawasan SPBU Simpang C2 Sungai Lilin. Selang 2 jam kemudian, tertangkaplah tersangka Rizon. Kemudian, Dakir dan Zupran yang diciduk di Dusun Reban Kumbang.

Dari mereka, polisi menyita empat batang besi, dua motor dan gembok. Pengakuan tersangka, mereka sudah membagi hasil penjualan sarang walet yang didapat. “Dijualnya kepada orang Palembang, tapi transaksinya di jalan,” pungkas Beni. (kur)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!