Konsumsi Kangkung Bikin Rileks

KONSUMSI: Dalam sayur kangkung terdapat zat sedatif yang dapat membuat orang rileks. Foto: Kris/Sumatera Ekspres

KANGKUNG menjadi sayuran yang kerap dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Namun, ada mitos yang menyertai kangkung, dimana bila mengkonsumsi kangkung akan menimbulkan kantuk. Benarkah demikian?.
Menurut Ahli gizi klinik Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin Palembang, Yenita DCN MPH RD, kalau rumor yang beredar mengenai konsumsi kangkung yang dapat menyebabkan mengantuk hanya sebuah mitos yang berkembang di masyarakat. Belum ada penelitian yang menyatakan hal demikian. “Tidak ada zat khusus yang memperlihatkan konsumsi kangkung dapat membuat seseorang menjadi mengantuk,’’bebernya.
Ia mengatakan, bila ditelaah lebih dalam, kangkung mengandung senyawa kimia sedatif yang dapat membuat seseorang menjadi tenang. “Pada kangkung mengandung zat sedatif yang jumlahnya tidak terlalu banyak, zat ini dapat membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan rileks,” ujar alumnus Universitas Gajah Madah itu.
Mungkin, lanjutnya, zat sedatif inilah yang membuat seseorang lebih tenang dan rileks hingga muncul rasa mengantuk. Pada suatu makanan atau minuman, kata dia, sebenarnya zat serotoninlah yang dapat membuat seseorang mengantuk dan tidur lebih nyenyak. Namun, pada kangkung tidak ada kandungan zat serotonin tersebut.
“Kangkung banyak mengandung serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin K, serta mengandung karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan betakaroten,”terangnya.
Zat serotonin sendiri, sambung dia, banyak terdapat pada konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat sederhana dan mengandung gula murni yang tinggi seperti yang terdapat pada susu.
Sehingga pada anak-anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu sebelum tidur karena dalam susu mengandung zat serotonin yang dapat membuat anak tidur lebih nyenyak. “Zat serotonin pada susu dapat membuat tidur anak lebih pulas, akibatnya peningkatan metabolisme tubuh anak akan lebih baik untuk tumbuh kembangnya” pungkasnya. (qiw/via)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!