Korban Kebakaran Rata-rata Tak Terselamatkan

Kebakaran yang menghanguskan rumah warga beberapa waktu lalu. Foto: Zulkarnain/Sumatera Ekspres

MURATARA-Rata-rata bangunan dan aset milik warga di wilayah Kabupaten Muratara yang menjadi korban bencana kebakaran tak sempat terselamatkan.

Pasalnya, saat ini sarana pemadam kebakaran di Daerah Otonomi Baru (DOB) ini masih sangat minim karena hanya ada dua mobil mobil pemadam kebakaran untuk mengatasi tujuh wilayah Kecamatan.

Amin (38), warga Desa Remban, Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara, menuturkan hampir setiap kejadian kebakaran rumah yang menimpa masyarakat di wilayah Muratara, selalu minim pertolongan. Bahkan tidak jarang, mobil pemadam kebakaran yang mendatangi lokasi, tiba setelah kobaran api meratakan bangunan milik warga. Seharusnya penanganan terhadap korban bencana menjadi prioritas utama pemerintah. Menurutnya, keselamatan masyarakat harus menjadi target utama.

“Karena mobil Damkar di Muratara ini cuma dua, tentunya tidak imbang untuk mengatasi bencana kebakaran di tujuh wilayah Kecamatan. Setiap kejadian kebakaran, pasti rumah warga di wilayah kita ini rata dengan tanah,\”katanya, Rabu (12/7). (cj13)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Kamis (13/7).

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!