KPK Resmi Tetapkan Setnov Tersangka Korupsi

Setya Novanto

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka kasus e-KTP. Penetapan ketua umum Golkar itu sebagai tersangka merupakan hasil gelar perkara di KPK pada 21 Juni lalu.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, setelah mencermati fakta persidangan perkara e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto, maka lembaga antirasuah itu menemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan seorang tersangka lagi. “KPK menetapkan SN, anggota DPR sebagai tersangka,” ujar Agus dalam konferensi pers di KPK, Senin (17/7).

Menurutnya, Novanto sebagai anggota DPR periode 2009-2014 telah menyalahgunakan kewenangannya dalam perencanaan program e-KTP. “Diduga mengakibatkan negara rugi Rp 2,3 triliun,” sambungnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, peran Novanto terkait dengan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong yang telah menjadi tersangka kasus e-KTP. “Saudara SN melalui AA diduga memiliki peran dalam proses perencanaan dan pengadaan,” sebutnya.(jpg/ara/jpnn)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!