KPU Goes To School: SMKN 5 Palembang

PEMILIH PEMULA: Sekretaris KPUD Sumsel, Ahmad Naafi, S.H.,M.Kn dan Ahmad Naafi, komisioner KPUD Sumsel Div SDM dan Parmas, foto bareng siswa dan siswi pemilih pemula usai acara KPU Goes to School, kemarin. Foto: Ryan Netizen/Sumeks

Anggapan bahwa generasi Z adalah generasi yang apatis dan gak mau ikut campur dalam urusan politik sepertinya hanyalah isapan jempol belaka. Pasalnya, hal sebaliknya justru terlihat saat Zetizen Sumatera Ekspres bersama KPUD Provinsi Sumatera Selatan hadir di SMKN 5 Palembang dalam helatan perdana KPU Goes To School, kemarin (12/4). Ratusan siswa dari beberapa SMK di Kota Palembang yang tergolong pemilih pemula, hadir dalam kegiatan tersebut.

KPU goes to school merupakan kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPUD Provinsi Sumatera Selatan. Materi yang disampaikan ialah terkait ajakan dan penjelasan untuk persiapan menghadapi Pilkada Serentak 2018 dan juga Pemilu 2019. Ahmad Naafi, SH. M.Kn Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan sengaja mengemas penyampaian sosialisasi secara lebih interaktif agar para generasi muda dapat menerima dengan mudah isi-isi pesan yang disampaikan. “KPU sudah menyiapkan materi-materi inti yang mudah diserap oleh pemilih, termasuk bagaimana mereka mengetahui hak mereka sebagai pemilih yang sudah diatur dalam aturan KPU.” Ujarnya.

Keberhasilan KPUD Provinsi Sumatera Selatan dalam penyampaiannya di acara ini terlihat dari betapa antusiasnya para pemilih pemula menjawab pertanyaan usai materi selesai diberikan. Salah satunya ialah Muhammad Rizki Amin, siswa SMKN 5 Palembang yang membuat para peserta lain tercengang lantaran ia dapat menyebutkan nama lengkap seluruh peserta Pilgub Sumsel 2018 sesuai nomor urut “Rizki ini patut ditiru, sebelum memilih kita memang wajib tahu siapa-siapa saja kandidat pasangan calon yang ada. Wawasannya patut diberikan applause” ujar Drs. H. MS. Sumarwan, MM, Sekretaris KPU Provinsi Sumatera Selatan sambil menyerahkan hadiah kepada Rizki.

Baca Juga :  Pemilih Pemula, Harus Cerdas

Tidak hanya sosialisasi dan tanya jawab interaktif, rangkaian acara KPU Goes To School dilanjutkan dengan kuis Siapa Pintar. Kuis ini mengasah kemampuan puluhan peserta terkait wawasannya di persoalan politik. Dari dua sesi kuis ini, didapatilah Malik Al Aziz, dari SMKN 3 Palembang dan juga Ice Idul Fitri, dari SMKN 5 yang jadi juara. Keduanya nanti akan bersaing di babak final kuis siapa pintar bersama para juara lainnya dari titik-titik roadshow selanjutnya. “Bersyukur karena saya ngerasa beruntung bisa menang. Soalnya ikut kuisnya pun tanpa persiapan. Acara seperti ini emang asik buat kita belajar” tutur Malik.

Acara KPU Goes to School sendiri masih akan berlanjut di 9 titik SMA Sederajat di berbagai kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Hari ini (13/4) KPU Goes to School diselenggarakan di SMA Negeri 17 Palembang. Tidak hanya sosialisasi dan kuis-kuis yang seru, rangkaian acara KPU Goes To School ini juga semakin meriah dengan acara pendamping, salah satunya ialah Pemilihan Duta KPUD Sumatera Selatan. Tuh, asik banget kan! (Hnr)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!