Kuatkan Brand WI/PI, Kemenpar Gandeng Artis Pengusaha

JAKARTA – Kementrian Pariwisata gandeng beberapa artis yang terjun bidang usaha untuk semakin menguatkan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI/PI). Co-branding Wonderful Indonesia itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) dengan 21 brand artis entrepreneur dan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 19 brand korporat berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenpar, Jakarta, Selasa (14/11).

Dalam kerja sama ini, kata Menpar Arief Yahya, para artis pengusaha itu bisa
menempelkan branding Wonderful Indonesia maupun Pesona Indonesai pada produknya.
Keuntungan lainnya, mereka bisa menempelkan merek dagangnya saat Kemenpar memiliki
agenda di tempat-tempat outlet para artis tersebut. Bahkan, mentri asal Bayuwangi
ini juga membuka peluang para artis tersebut mempromosikan destinasi wisata favorit
mereka.

“Tapi ini ada aturan mainnya. Ada promosi dan degradasi sebagaimana permainan sepak
bola. Pada akhir 2018 kami akan lakukan evaluasi karena kami gak ingin branding
Wonderful Indonesia rusak karena menempel di produk yang gak enak. Ini demi menjaga
nama baik bersama karena kami habiskan triliunan untuk tenarkan bertanding wonderful
Indonesia,” jelas Menpar Arief Yahya.

Artis entrepreneur di bidang usaha kue (cake) yang melakukan co-branding dengan
Wonderful Indonesia antara lain; Minang Mande Cake milik artis Rossa ; Brand Banana
Foster Cake milik artis Henki Kurniawan ; Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra); Rain
Cake (Shireen Sungkar); Cinnamon (Dhini Aminarti dan Dimas Seto); Scrummy (Dude
Herlino); Premio (Baim Wong); Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh).

Baca Juga :  Lagi, Kemenpar Raih The National Booth With Impressive Decoration Award di VITM 2017

Selain itu brand Surabaya Patata (Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi); Reallycake
(Prilly Latuconsina); Pekanbaru Cassata (Denny Cagur) ; Savvanacake (Fitri Carlina);
Lenso Manado (Gracia Indri); Cirebon Sultana (Indra Bekti); Palembang Lamonde
(Irwansyah) ; Gigieatcake (Raffi Ahmad dan Gigi); sedangkan bidang fashion antara
lain brand Mandjha.ivangunawan (Ivan Gunawan); Urban Lips (Cathy Sharon); dan
Cirebon Kelana (Andika Pratama/Ussy S).

Pelaksanaan Co-Branding Wonderful Indonesia ini sebagai kelanjutan dari program
co-branding partnership Wonderful Indonesia Co-branding Forum (WICF) yang telah
menggandeng brand kenamaan Indonesia di dalam dan luar negeri pada saat peluncuran
WICF pada Agustus 2017 yang lalu. Sehingga mampu meningkatkan brand equity dari
brand WI di pasar global dan brand Pesona Indonesia (PI) di pasar domestik dalam
menopang terwujudnya sektor pariwisata sebagai core economy Indonesia.

“Inisiatif co-branding partnership ini untuk memanfaatkan momentum meroketnya
kinerja brand WI/PI yang terlihat dari brand equity yang kini sudah sangat kokoh
sebagai hasil pengembangan (building brand) selama 2,5 tahun terakhir. Brand WI/PI
kini kian melejit di tengah menurunnya kinerja brand-brand pesaing regional,” kata
Arief Yahya.

Tahun 2013 country branding Wonderful Indonesia belum banyak memperoleh perhatian
masyarakat dunia, ketika tahun 2015 mulai dipromosikan secara masif ke seluruh dunia
brand WI menjadi semakin dikenal dan tahun lalu menurut referensi World Economic
Forum (WEF) berada di peringkat 47 dunia atau mengalahkan brand Truly Asia Malaysia
berada di peringkat 96 dan brand Amazing Thailand di peringkat 83 dunia. “Bahkan
destinasi wisata Indonesia dinilai terbaik se-Asia Pasifik,” tegas Menpar.(adv/kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!