Kuy, Sholat Di Masjid!

Ada tujuh golongan orang yang akan dinaungi Allah pada hari itu tidak ada naungan kecuali dari Allah: Seseorang yang hatinya selalu terpaut dengan Masjid ketika ia keluar hingga kembali kepadanya” (HR. Bukhari dan Muslim)
Keutamaan shalat bagi setiap muslim di masjid bagi seorang laki – laki memang sangat dianjurkan. Setiap muslim memang harus memakmurkan masjid dengan cara untuk sholat berjamaah. Seberapa penting sih cowok untuk sholat di masjid? Kuy, simak! (nda)
Bagi setiap muslim sholat adalah suatu amalan ibadah yang wajib hukumnya, ibadah sholat juga merupakan tiang agama yang dimulai dari takbiratul ihram dan berakhir dengan salam. Sholat juga merupakan penghubung Tuhan kepadan hambanya. Seperti yang kita tau, shalat juga bisa menjadi penawar ketika lelah dan menjadi penyembuh di saat sakit.
Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala)” (QS At-Taubah: 18). “Sebaiknya untuk laki-laki memakmurkan masjid dengan cara sholat berjema’ah di Masjid, agar masjid gak sepi,” ucap Agus Dody, M.Pd.I, Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Palembang.
Nah, guys, hakikat memakmurkan masjid adalah mencakup semua amal ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT yang diperintahkan atau dianjurkan dalam Islam untuk dilaksanakan di masjid. Oleh karena itu, tentu saja shalat berjamaah lima waktu di masjid bagi laki-laki termasuk bentuk memakmurkan masjid yang paling utama.
“Jika seorang laki-laki yang tidak uzur sebaiknya shalat fardhu di Masjid. Kecuali kalau jarak yang jauh. Jadi untuk laki-laki sangat dianjurkan untuk sholat berjamaah di Masjid,” ucap Agus. Nah, kalau udah dianjurkan begini, yakin kalau masih mau males-malesan? Yuk mulai coba dengan mengajak temen, tetangga, atau orang-orang terdekat yang ada di sekitarmu.
Gak cuma buat laki-laki, seorang perempuan pun juga punya kewajiban yang sama untuk beribadah kepada Allah. “Untuk perempuan juga diperbolehkan untuk shalat di masjid, kecuali ada uzur,” tambah Agus. Jadi, untuk laki-laki maupun perempuan boleh sholat fardhu di masjid. Selain bisa berjamaah di masjid, bisa juga lho melaksanakan shalat sunnah yang dapat menambah pahala.
Segala perbuatan tergantung pada niatnya. Niatkan pada diri kita untuk selalu shalat tepat di awal waktu. Bersungguh-sungguhlah melawan rasa malas itu guys. Jangan sampai rasa malas menguasai diri kita. Biasakanlah untuk shalat lima waktu berjama’ah di masjid, walau pada awalnya terasa berat tapi kalau sudah dibiasakan akan terasa ringan bahkan kita akan merasa rugi bila meninggalkannya.
Ganjaran yang didapatkan untuk yang rajin sholat berjamaah di Masjid juga gak tanggung-tangggung. “Seperti yang disebutkan dalam HR. Bukhari dan Muslim yaitu Sholat berjemaah lebih baik dari sholat sendiri dengan diberikan 27 derajat, jadi jangan sampai kita melewati dengan sia-sia untuk berjamaah di masjid,” ucap Agus. Jika kita pergi ke masjid akan mendapatkan pahala. Perjalanan terbaik adalah menuju masjid. Ketika adzan berkumandang, layaknya Allah SWT memanggil kita dari kejauhan untuk datang pada keharibaan rumahnya. Sebaik-baiknya perjalanan adalah perjalanan menuju masjid. Seberapa jauh kamu gunakan kakimu untuk melangkah, akan terasa lebih bermakna apabila melangkahkannya ke masjid, memenuhi panggilan-Nya. Dikatakan perjalanan terbaik karena pahala yang didapatkan 27 kali lipat ketika salat berjamaah, dibandingkan dengan salat sendirian di rumah.
Selain itu, doa-doa nya juga bakal dikabulkan oleh Allah apa seperti hadist Riwayat Ahmad yaitu “sesungguhnya do’a yang tidak tertolak adalah do’a antara adzan dan iqomah, maka berdo’alah (kala itu).”
Kalau kita pergi ke masjid pasti akan ada ketenangan dan kedamaian untuk mengunjungi rumah Allah. Dan Allah juga akan meninggakan derajat orang-orang yang pergi ke masjid. Siapa sih yang gak mau di tinggikan derajatnya sama Allah, kamu tau gak kalau setiap langkahmu ke masjid itu udah ada hitungan pahalanya? bayangin kalau itu masjid jauh..pastinya makin banyak hitungannya. Allah itu sayang sama kamu, makanya kalau kamu mau ke masjid Allah kasih garansi untuk kamu. Dari Abu Hurairah ra berkata: Rasulullah saw bersabda: ((barangsiapa yang bersuci di rumahnya, kemudian pergi ke salah satu rumah Allah, untuk melaksanakan salah satu kewajiban terhadap Allah, maka kedua langkahnya yang satu menghapuskan kesalahan, dan yang lain meninggikan derajat)).

Jadi, sebaiknya Jika adzan telah berkumandangkan, segeralah untuk mengambil air wudhu. Usahakan bila sedang melakukan aktivitas penting, berhentilah sejenak. Ini mungkin yang susah dilakukan, tapi menunda shalat akan menimbulkan rasa malas nantinya. Jangan malas buat beribadah di masjid ya!

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!