Lacak Ijazah Sampai Surabaya

PAGARALAM – Ijazah setiap bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pagaralam bakal diverifikasi faktual. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam akan mendatangi langsung instansi terkait yang menerbitkan ijazah.
“Rencananya, besok (hari ini, red) kami verifikasi faktual. Yang kami cek ijazah pendidikan terakhirnya,” Komisioner KPU Kota Pagaralam, Divisi Hukum, Hendri. Agar proses verifikasi berjalan cepat, akan dibagi menjadi dua tim.
Selain itu lokasi instansi yang mengeluarkan ijazah berbeda-beda. “Ada yang di Yogya. Paling jauh ke Surabaya,” ungkapnya. Dijelaskan, verifikasi faktual diperbulkan untuk mengecek kebenaran dari ijazah itu langsung kepada instansi yang mengeluarkannya.
Apalagi permasalahan ijazah acapkali muncul di Pilkada. “Kalau untuk dokumen lain, seperti surat-surat kalau memang diperlukan (verifikasi, red) faktual, kami lakukan juga,” tegasnya.
Sebelumnya KPU Kota Pagaralam menyatakan berkas pendaftaran enam Bapaslon Wako dan Wawako Pagaralam lengkap dan diterima. Ijazah merupakan salah satu syarat yang harus disampaikan.
Keenam bapaslon itu adalah Ludi Oliansyah ST-Drs HA Fachri MM (LA), dr hj Ida Fitriati MKes -Ir Armansyah MM (Idaman), Alpian Maskoni SH-Muhammad Fadli SE (Alfad), Hermanto SH MSi-Ir Musabaqo (HM). Kemudian Ir Gunawan MT-Febrianto SSi SH (Gun-Febri) dan Novirzah Djazuli SE-H Suharindi SJ SPd MM (NS).
Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kota Pagaralam, Ihwan Novri SE menyatakan, pihaknya akan mengawasi jalannya verifikasi faktual ijazah bapaslon. “Kami kirimkan tim untuk mengawasi,” ucapnya. (ald/vin)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!