Lailatul Qadar, Malam Istimewa

18

Oleh: Nofrizal Nawawi

Dalam salah satu Sabda Rasulullah tentang Ramadan beliau mengatakan di dalamnya ada satu malam nilainya lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar , malam kemuliaan. Lailatul qadar secara bahasa terambil dari dua kata Lailah artinya malam , dan alqadar artinya ketetapan atau kemulaiaan, dalam surat alqadar lailatlul qadar diartikan : “Lailatul qadri khairun min alfi syahri “ malam qadar itu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Surat ini diturunkan Allah setelah Rasulullah menceritakan peristiwa yang terjadi di zaman bani Israil dulu , ada seorang laki-laki umurnya dihabiskan selama seribu bulan untuk berjuang menegakkan agama Allah, siang harinya dia berjuang berdakwah dan berjihad dan malam harinya dihabiskan untuk beribadah, cerita rasululllqah ini menimbulkan pertanyaan seorang sahabat, bagaimana ya Rasulullah kita bisa mencapai hal yang demikian. Rasululllah belum sempatmenjawab tiba-tiba ada isyarat wahyu turun, dan dibacakan surat al qadar : “ Sesungguhnya kami telah menurunkan al quran pada malam qadar- tahukah kamu apa itu malam qadar, – lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan.. (Al qadar 1-3 ).
Lailatul qadar malam pelimpahan rahmat keutamaan yang dijanjikan Allah kepadan hambaNya yang dikehendakinya, untuk mendapatkan pelimpahan keutamaan , Allah sengaja merahasiakan kapan terjadinya. Manusia tidak dapat memastikan , namun Rasulullah saw mendorong ummatnya untuk mengintai kedatangan Ramadan pada 10 malam terakhir Ramadan dan agak ditekan kan pada malam-malam ganjil, dalam sabdanya “ carilah malam qadar n dimalam ganjilpada 10 hari terakhir bulan Ramadan“ ( Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim). Karena itu Rasulullah mendorong ummatnya untuk meningkatkan ibadahnya opada malam-malam 10 terakhir Ramadan dan beliau pun mencontohkannya dengan beriktikaf di masjid padan 10 hari terakhir, bahkan tidak keluar masjid baik siang atau malam kecuali untuk keperluan yang tidak dapa di hindarkan seperti mandi berwudhuk dan buang hajat, bahkan untuk menyisirkan rambutnya dia cukup mendekatkan kepalanya ke jendela lalu ummul mukminin Aisyah menyisirkan rambutnya, karena memang rumah beliau berdampingan dengan masjid. .
Lailatul qadar mempunyai banyak keistimewaan sesuai dengan apa yang diungkapkan dalam sura al-qadar . diantaranya :1. Malam pertama kali diturunkannya al quran sekali gus dari Luz mahfudzh ke langit dunia. Sebagai di jelaskan dal surat al qadar ayat 1 dan surat ad-dhukhon ayat satu dan surat al- baqarah ayat 185. Abdullah bin Abbas mengatakan “ Allah menurunkan alquran sekaligus dari lauhul mahfuzh ke baitul izazah di langit dunia, kemudian Allah menurunkan al quran pada rasulullah secara terpisah dan beransu–ansur sesuai dengan kejadian dan kebutuhan selama 23 tahun“ (Tafsir Ibnu Katsir). 2. Lailatul qadar adalam malam yang penuh berkah firman Allah dalam surat adh-dhukhan ayat 3 “ Sesungguhnya kami menurunkannya (Alquran) pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya kamilah yang memberi peringatan” . 3. Lailatul qadar lebih baik nilainya dari 1000 bulan , bahwa seseorang yang beribadah di malam qadar akan mendapat nilai lebih baik dari beribadah 1000 bulan terus menerus, “ Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan “ ( Alqadar 3) 4. Di Malam qadar dengasn izin Allah para malaikat tumpah ruah turun ke bumi termsuk malaikat Jibril , sebagaimana di jelaskan dala surat al qadar ayat 4 “ Pada malam itu turun malaikat-maikat dan Jibril dengan izin TuhaNnya untuk mengatur urusan ” .5. Malam yang penuh keselamatan karena syaithon tidak mampu mengnggu manusia yang beribadah sampai terbitnya fajar, al-qadar ayat 5 “Selamat ejahtera sampai terbitnya fajar”. 6. Malam itu dicata taqdir tahunan , dan dicatat segala sesuatu yang akan terjadi sampai akhir tahun, dalam surat adh-dhukhon ayat 4” pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” . 7.Allah mengampuni dosa-dosa orang yang menghidupkan lailatul qadar, dalam hadist Riwayat Bukhori no 1901 yang diterima dari Abu Hurairah Nabi Saw bersabda:” Barang siapa yang mengqiyamkamkan lailatul qadar( menghidupkan malam Qadar dengan ibadah) dengan dasariman dan kesadaran maka Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”
Dengan keistimewaan yang luar biasa ada di malam qadar ini semoga kita termasuk orang yang berupaya untuk mendapatkannya dengan rangkaian ibadah dan taqarrub kita kepada Allah , walaupun kita hanya dapat berusaha dan yang mengatur semuanya Allah dan kita tidak dapat pastikan apakah akan mendapatkam lailatul qadar atau tidak. Maa beramallah kamu niscaya Allah akan melihat menilai amalkamu. (*)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!