Lakukan Program Sit-In Melbourne University

Dekan FH UMP Dr Hj Sri Suatmiati SH MHum (jilbab pink) dan Prof Deni Indrayana saat foto bersama. Foto: Anhar/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mengikuti kuliah umum dari Prof Deni Indrayana PhD. Deni yang merupakan Guru Besar Tamu Melbourne University ini menyampakan materi tentang Pemilihan Kepala Daerah yang Demokratis dan Bermartabat, di Aula FH UM Palembang, Kamis (14/12).

Dalam paparannya, mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM ini menyinggung soal dana kampanye partai politik yang didapatkan dari konglomerasi dan pemilik modal. Akibatnya parpol tersandera kepentingan kelompok tertentu. Namun, di satu sisi, parpol tidak sanggup membiayai sendiri dana kampanye.

“Maka sudah seharusnya dana parpol harus dinaikkan dan disubsidi pemerintah. Karena biaya yang dimiliki partai sangat jomplang sekali jika untuk membiayai pemilu,” ujar Deni yang juga Guru Besar UGM ini.

Menurutnya, harus dilakukan pembatasan dana kampanye dari parpol. Jika tidak dibatasi, akan ada parpol yang mendapat dana dari pemilik modal dengan tanpa batas. Deni juga melihat berdasarkan hasil penelitian berbagai lembaga survei, perilaku pemilih di Indonesia yang menganggap praktik money politics sebagai hal yang positif dan bukan hal negatif.

“Saat ini sudah hilang sikap kritis dari masyarakat soal money politics, maka yang perlu diperbaiki adalah sistem pemilu di Indonesia,”terangnya.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang Dr Hj Sri Suatmiati SH MHum mengatakan, pihaknya mengundang Prof Deni dalam kuliah umum sesuai kapasitasnya ahli dalam bidang hukum tata negara dan konstitusi.

“Tema yang dibahas soal pemilihan kepala daerah karena kita akan menghadapi Pilkada Serentak 2018. Apalagi persoalannya terkait kejujuran pemilu dan apakah hasil pemilu bisa bermanfaat atau tidak,” ujar Dr Sri.

Selain itu, untuk meningkatkan akreditasi fakultas dan mewujudkan UMP sebagai World Class University, FH UMP menciptakan suasana akademik yang berorientasi global. Sejalan dengan itu FH UMP mengadakan program sit-in di Melbourne University. Kegiatan sit-in akan berlangsung pada semester pertama tahun 2018 bertujuan supaya mahasiswa dan dosen FH UMP mengetahui secara langsung kondisi akademik di Melbourne, Australia.Diundangnya Deni Indrayana dalam kuliah umum ini juga dalam rangka bekerjasama dengan Melbourne University, tempatProf Deni merupakan Guru Besar Tamu Melbourne University. (roz)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!