Lakukan Sore, Kurangi Intensitas

SEPEDA STATIS: Olahraga yang baik di bulan puasa adalah dengan bersepeda statis. Foto:Budiman/Sumatera Ekspres

BULAN Ramadan tidak menghalangi seseorang untuk berolahraga. Banyak orang beranggapan berpuasa yang mengakibatkan perut lapar, haus dan lemas akan menganggu kegiatan fisik.
Dokter Irfanuddin SpKO MPd Ked dari FK Unsri mengatakan, olahraga memang membawa pengaruh positif pada tubuh, antara lain untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.
Seiring dengan berubahnya pola makan dan istirahat di bulan Ramadan, lanjutnya tubuh sebenarnya ikut beradaptasi, termasuk rasa lemas pada hari-hari pertama puasa. Karena itu, kondisi tersebut bukanlah alasan untuk membuat tubuh mendapat kompensasi untuk tidak berolahraga. Justru, tubuh perlu dijaga dan dilatih agar tetap aktif bergerak. “Justru dengan tetap berolahraga agar metabolisme tubuh tetap dapat berjalan dengan optimal,” ujarnya.
Namun, bagaimana cara menjalankan olahraga yang baik di bulan Ramadan? Menurutnya yang harus diperhatikan waktu melakukan olahraga. Kalau hari biasa olahraga dilakukan pagi hari, saat puasa sebaiknya dilakukan sore mendekati buka puasa. “Kalau pagi hari takutnya seseorang akan merasa lemas dan menganggu puasanya,” ujarnya.
Selain itu, lakukan jenis olahraga yang biasa dilakukan. Sebaiknya lakukan jenis olahraga intensitas ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging, aerobik dan bersepeda. “Disarankan untuk tidak mencoba intensitas olahraga yang lebih tinggi dari yang biasa lakukan karena ditakutkan tubuh tidak mampu melakukannya,” katanya.
Menurutnya, olahraga yang dilakukan saat berpuasa fasenya maintenance hanya menjaga kebugaran, bukan pada biasanya untuk membentuk otot. Kemudian, banyak minum untuk mengganti cairan saat melakukan olahraga. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari. “Melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat di siang hari saat puasa dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan tubuh hilang melalui keringat,” pungkasnya. (qiw/nan/via)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!