Lestarikan Mading Sekolah

Mading SMAN 10 Palembang.

Sekolah itu paling identik dengan pusat informasi dalam bentuk yang beragam mulai dari mading, pamflet informasi, media sosial. Eh, By the way tentang Mading nih, sekarang mading udah hampir terlupakan akibat dihempas oleh zaman. Tapi, ada loh yang masih melestarikannya. Mau tau seperti apa? Cheks it out! . (Mkd/Lmp)

Mading Yang Terlupakan

Seiring zaman banyak sekali kemajuan yang hampir melupakan karya-karya imajinasi tuangan siswa-siswi disekolah. Yups, Mading (Majalah Dindung). Dulu gak jarang disetiap sekolah pasti ada dan aktif tapi, nyatanya sekarang akibat terkena hempasan zaman mading jadi terlupakan dan hampir musnah.

Gak heran ada juga beberapa orang masih peduli dan mengajak temen sertamerta menjadikan mading sebagai media untuk menambah ilmu si pembaca, mengingat zaman apalagi kids zaman now mau yang serba instan akibat semakin modernnya dunia. Remaja lebih suka lihat berita melalu gadget daripada membudayakan membaca majalah dinding.

Mading SMA Xaverius 3 Palembang.

Siswa yang beberapa lalu kami sambangi di SMA Xaverius 3 Palembang mengungkapkan tentang tujuan utama mading itu untuk menambah ilmu, menjadi wadah menampung inspirasi, menyalurkan bakat dibidang menulis maupun dibidang seni, meningkatkan kreatifitas siswa dalam berkarya, membuat siswa lebih kritis akan pengetahuan dan kreatif dalam memodifikasi (menggambar, mengatur layout bentuk mading).

Baca Juga :  Datangi Kantor Wako, Pedagang Minta Revitalisasi Pasar Dihentikan

Juara 1 mading tingkat SMA se-Sumatera Selatan dalam rangka memperingati bulan bahasa, diselenggarakan oleh FKIP Unsri. “Jadi, kita sebagai pembuat mading harus bisa punya ide semenarik mungkin agar mading yang dihasilkan itu mampu menarik perhatian dan minat pembaca. Sebenernya membuat mading itu adalah kepuasan tersendiri dan seru gitu,” ungkap Febby Meilina anggota mading

Selain jadi ilmu mading juga ditabirkan sebagai sarana hiburan karena desaign-desaign yang dibuat sedemikian rupa membuat orang melihatnya terkesima dan yang unik membuat mata memandang seolah-olah tertawa.

Tetap Punya Eksistensi Sendiri

Mading adalah suatu komponen penting di sekolah, mengapa? karena dengan adanya mading siswa/i sekolah bisa mengetahui berita hangat yang ada disekolah. Oh ya, mading juga menumbuhkan minat baca di kalangan warga sekolah tentunya. Mading pun dianggap sebagai wadah untuk berkreativitas, “Mading itu kami anggap sebagai wadah untuk berkreativitas dari menulis cerpen, membuat puisi , melukis dan banyak lagi yang bisa kita lakuin agar mading tersebut menarik,” ujar M Satrio Sid, Ketua KIR Sman 10 Palembang.

SMA Negeri 10 Palembang punya mading yang penuh dengan segudang prestasi, mading-mading buatan mereka gak bisa kalian anggap enteng. Prestasi yang pernah diukir dari mading mereka yaitu juara 1 lomba mading 3D di SMA N 13 Palembang, Juara harapan 1 lomba mading 3D di SMA Negeri 17 Palembang, Juara 2 lomba mading 3D di acara creativity hilo dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :  PBB Resmi Dukung Syamsul Bahri

Tentunya eksistensi mading SMA Negeri 10 Palembang selalu jadi pusat perhatian siswa/i yang ada di sekolah. Dari anak cowok yang biasanya sungkan buat baca mading, mereka bakalan nyempetin waktu mereka buat dapetin informasi dari mading ini. Gak cuman siswa/i saja yang mendukung dari guru pun ikut membaca. Tema yang selalu berubah setiap 2 minggu dalam sebulan ini menjadi daya tarik sendiri untuk anak KIR yang membuatnya, karena mereka akan memikirkan ide yang benar-benar pas dan akurat untuk mading itu sendiri.

Tips dari anak-anak KIR SMA Negeri 10 Palembang dalam pembuatan mading ini yaitu percaya diri bahwa mading kalian adalah mading yang baik dalam informasi hingga desain, dan jangan lupa buatlah semenarik mungkin seperti pemilihan ikon yang bisa menarik pembaca untuk membaca mading tersebut.

Mading akan terus memberikan eksistensi yang baik di setiap sekolah walau mereka terus digantikan dengan gadget-gadget yang memberikan banyak informasi untuk siswa/i tetapi, mading akan memberikan informasi yang akurat tentang informasi sekolah yang bahkan gak bisa kalian lihat di gadget. So, teruslah dukung mading kalian untuk tetap dibaca, cobalah sekali-kali untuk membacanya walau kalian harus berjalan jauh dari kelas. Jangan sampai mading kalian usang ya!

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!