Lewat Adu Penalti, Kroasia Singkirkan Tuan Rumah, Rusia

Pemain Kroasia merayakan kemenangan setelah menang adu penalti. Foto: AFP / Nelson Almeida

Kroasia berhasil melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan tuan rumah Rusia 4-3 melalui adu penalti di Stadion Fisht, Minggu (8/7) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 selama 90 menit yang membuat laga dilanjutkan ke babak tambahan. Dalam 2×15 menit baik Rusia dan Kroasia sama-sama menambah satu gol sehingga membuat kedudukan kembali imbang menjadi 2-2 dan laga dilanjutkan ke adu penalti.

Kroasia memegang kendali permainan sejak awal laga. Namun justru Rusia yang bisa mencuri gol lebih dulu untuk unggul 1-0. Saat pertandingan memasuki menit ke-31, winger Denis Cherushev membobol gawang Kroasia lewat gol spektakuler. Cheryshev melepaskan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti yang tidak bisa diantisipasi kiper Danijel Subasic.

Tidak berselang lama, Kroasia mampu menyamakan kedudukan melalui tandukan Andrej Kramaric menit ke-39 memanfaatkan umpan silang Mario Mandzukic dari sisi kiri. Bek Domagoj Vida sempat membawa Kroasia unggul 2-1 di babak tambahan. Di babak kedua giliran Kroasia mengambil inisiatif menyerang. Ivan Perisic hampir saja membuat Stadion Fisht bergemuruh oleh suporter Kroasia saat tendangan kaki kanannya membuat bola membentur tiang kanan gawang Rusia pada menit ke-60. Sayangnya bola bergerak ke samping dan tidak masuk ke dalam gawang.

Saat pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan. Dominasi Kroasia tetap tidak tergoyahkan. Rusia tidak bisa memanfaatkan kondisi pemain-pemain Kroasia yang mengalami cedera, seperti Subasic, Sime Vrsaljko, dan Mario Mandzukic.

Gawang Rusia akhirnya bergetar untuk kali kedua pada menit ke-101. Sundulan bek Domagoj Vida memanfaatkan sepak pojok Luka Modric tidak bisa diantisipasi oleh kiper Igor Akinfeev. Pada menit ke-112 Daler Kuzyaev memberikan ancamannya kepada Kroasia. Tetapi tendangan keras Kuzyaev bisa ditangkap kiper Subasic. Bermain di depan pendukungnya sendiri membuat Rusia tetap bersemangat menyamakan kedudukan. Pada menit ke-115 Mario Fernandes bisa menyamakan kedudukan melalui sundulan memanfaatkan tendangan bebas Alan Dzagoev.

Pertandingan akhirnya harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Kroasia memenangi babak tersebut dengan kemenangan 4-3. Dalam babak adu penalti, dari lima penendang pertama, dua pemain Rusia gagal melakukan eksekusi: Fedor Smolov dan Mario Fernandes. Sedangkan Rusia hanya satu yang gagal, yaitu Mateo Kovacic.

Di laga semifinal yang digelar Kamis (12/7), Kroasia akan menghadapi Inggris di Stadion Luzhniki. Inggris ke semifinal setelah mengalahkan Swedia 2-0.

Susunan Pemain

Rusia 4-2-3-1
1 Igor Akinfeev; 2 Mario Fernandes, 3 Ilya Kutepov, 4 Sergei Ignashevich, 13 Fedor Kudryashov; 7 Daler Kuzyaev, 11 Roman Zobnin; 19 Aleksandr Samedov, 17 Aleksandr Golovin, 6 Denis Cheryshev; 22 Artem Dzyuba.

Kroasia 4-2-3-1
23 Danijel Subasic; 2 Sime Vrsaljko, 6 Dejan Lovren, 21 Domagoj Vida, 3 Ivan Strinic; 10 Luka Modric, 7 Ivan Rakitic; 18 Ante Rebic, 9 Andrej Kramaric, 4 Ivan Perisic; 17 Mario Mandzukic.

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!