Listrik JSC 20 MW, LRT 36 MW

SUPLAI JSC DAN LRT: Deretan panel surya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kawasan Jakabaring yang akan mem-back up suplai listrik ke Jakabaring Sport City (JSC) dan Light Rail Transit (LRT). Foto: Budiman/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – PT PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB) sudah bersiap untuk menyukseskan perhelatan Asian Games 2018. Untuk itu, PT PLN WS2JB akan memasok listrik untuk kompleks Jakabaring Sport City (JSC) sekitar 20 Mega Watt (MW). Sedangkan untuk suplai ke light rail transit (LRT) sebanyak 36 MW.
“Dari sisi daya insya Allah cukup. Karena Kota Palembang ini kita masih punya cadangan 300 MW,” kata General Manager (GM) PT PLN WS2JB, Daryono usai acara Silaturahmi dan Halalbihalal Idulfitri 1439 H bertempat di lantai 6, PT PLN WS2JB, Palembang, kemarin (5/7).
Dia menambahkan, selain memanfaatkan energi listrik dari pembangkit yang menggunakan bahan bakar minyak, gas, dan batu bara, juga didukung pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang berada di kawasan Jakabaring. “Saat ini setiap hari PLTS sudah produksi. Itu juga sebagai cadangan kita,” imbuhnya.
Selain itu, lanjut Daryono, persiapan infrastruktur kelistrikan Asian Games 2018 sudah selesai. Sekarang tinggal melakukan uji coba. “Dalam waktu dekat akan kita adakan geladi bersih untuk melihat kesiapan kelistrikan. Jadi kita langsung uji masing-masing venue melalui simulasi-simulasi,” bebernya.
Sebenarnya, ungkap dia, secara sistem simulasi sudah pernah dilakukan beberapa kali. Semua uji coba berhasil dan sudah sesuai dengan skenario. “Insya Allah tidak ada masalah dalam soal listriknya,” tambahnya.
Karena itu, masyarakat Sumsel tidak perlu khawatir soal kesediaan listrik. Karena pembangkit listrik yang ada di Sumsel menghasilkan daya total 1.400 MW. Sedangkan kebutuhan sekitar 750 MW. Artinya masih kelebihan 650 MW. “Jadi, secara ketersediaan pembangkit lebih dari cukup,” tandasnya.
Sementara itu, acara halalbihalal yang digelar di Kantor PT PLN untuk menjaga silaturahmi antara karyawan, pimpinan, serta menjaga hubungan baik dengan senior yang pernah memimpin di PT PLN WS2JB. “Harapannya acara seperti ini akan terus berlanjut. Dengan bersilaturahmi juga kita diharapkan dapat meningkan kinerja PT PLN WS2JB,” kata Daryono.
Acara tersbut juga diisi dengan tausiyah dari ustaz kondang Yusuf Mansyur. “Pesan saya kepada karyawan untuk tetap fokus melayani masyarakat, terutama kepada pelanggan. Kemudian untuk menghadapi Asian Games 2018 untuk siap siaga, jika ada gangguan-ganguan,” pungkasnya. (cj17/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!