Luncurkan Tagar #MudikPenuhPesona

Arief Yahya

JAKARTA – Libur Lebaran masih menyisakan empat hari ke depan. Momen Lebaran kali ini dimanfaatkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk menggenjot jumlah wisatawan. Khususnya, wisatawan domestik yang saat ini sedang menikmati libur panjang Idulfitri. Kemenpar meluncurkan hastag atau tagar #MudikPenuhPesona.

Tagar itu difungsikan sebagai alat bantu para wisatawan dalam mendapatkan pilihan lokasi wisata yang ingin dikunjungi. Tentunya, dengan menggunakan gawai. Wisatawan cukup mengetik tagar #mudikpenuhpesona di mesin pencari, yang diikuti dengan daerah atau kawasan yang sedang dikunjungi. Misalnya, #mudikpenuhpesona Surabaya, #mudikpenuhpesona Klaten, atau lainnya.

Dari situ, akan muncul berbagai tautan yang berisi informasi wisata di daerah tersebut. Sehingga, wisatawan diharapkan tidak kesulitan untuk memilih lokasi-lokasi yang akan dikunjungi. Apalagi, cukup banyak situs yang menyertakan keterangan atau deskripsi mengenai lokasi-lokasi wisata di masing-masing daerah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, beberapa hari belakangan tagar itu sudah mulai disebarkan ke berbagai situs. Sengaja diluncurkan pada momen Lebaran karena pada bulan Ramadan jumlah wisatawan menurun drastis. “Tapi saat libur Lebaran, pasti ada pergerakan besar-besaran dari wisnus (wisatawan nusantara), yang angkanya bisa mencapai 20 juta,” terangnya kemarin (28/6).

Lokasi-lokasi yang diutamakan dalam program kali ini adalah tempat wisata di daerah-daerah tujuan mudik. Seperti Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Solo, Semarang, Pekalongan, Magelang, Surabaya, Banyuwangi, Tanjung Kelayang, Makassar, Bunaken, bahkan hingga Raja Ampat dan Wakatobi.

Program itu merupakan bagian dari upaya menggenjot kunjungan wisata di tanah air. Tahun ini, Kemenpar mendapatkan target kunjungan wisata 275 juta pengunjung untuk wisnus dan 20 juta untuk wisatawan asing.

Pihaknya sudah dari jauh hari berkoordinasi dengan stakeholder wisata di daerah-daerah tersebut. Begitu masyarakat selesai berhari raya, tagar tersebut langsung dimunculkan sehingga mereka langsung memiliki pilihan ketika hendak berwisata.

Arief menambahkan, pihaknya melengkapi tagar utama itu dengan tagar-tagar lain yang lebih spesifik. Seperti #WisataJalurMudik, #PesonaCeritaMudik, #PesonaTakbir, #PesonaKetupatLebaran, #KulinerKhas, #PiknikLebaran, atau #PesonaOlehOleh. “Kami harap anak-anak muda di daerah bisa ambil bagian untuk jadi duta wisata daerah masing-masing,” tutupnya. (byu/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!