Macang Sakti Tak Miliki Ruang Bersalin

SANGA DESA – Fasilitas kesehatan, yang ada di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Macang Sakti, Kecamatan Sanga Desa, belum lengkap. Salah satunya, belum ada ruang bersalin.

Akibatnya, jika ada pasien yang akan melahirkan, terpaksa menggunakan ruangan pasien rawat jalan. Padahal, dalam 1 hari, ada sekitar 15 hingga 20 pasien yang berobat ke poskesdes tersebut. Akibatnya, pelayanan terganggu.

“Kami sangat mengharapkan adanya bantuan penambahan ruangan,” kata bidan Desa Macang Sakti, Rusma Novika AMKeb, kepada wartawan.

Perlunya penambahan ruangan akan digunakan khusus untuk ruang bersalin. Mengingat, ruangan yang ada saat ini tidak memenuhi standar untuk digunakan ruang bersalin. “Ruangannya sempit,” imbuhnya.

Setiap bulannya, Poskesdes Macang Sakti menerima lima pasien lebih untuk lakukan persalinan. Bahkan, dalam satu hari, bisa lebih dari lima pasien. Sebab, pasien datang bukan hanya dari Desa Macang Sakti, melainkan juga desa lainnya. Seperti Desa Terusan, Kemang dan Simpang Lubuk Bintialo. “Sampai ruangan tak bisa menampung pasien,” ungkapnya.

Rusma Novika menambahkan, pihaknya sudah beberapa kali mengajukan usulan untuk pembangunan ruang khusus bersalin, baik ke pihak Dinas Kesehatan, pemerintah desa, maupun perusahaan yang berada di Desa Macang Sakti. Namun hingga saat ini, belum ada tanggapan. “Kami berharap, bisa segera direalisasikan karena demi kepentingan orang banyak,” harapnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muba, HM Madali, mengatakan, pihaknya akan berupaya menyediakan ruang bersalin bagi warga Macang Sakti.

“Memang sangat perlu ruang bersalin untuk warga yang melahirkan sehingga warga tak perlu pergi jauh ke Babat Toman dan Sekayu untuk melahirkan,” pungkas Madali. (yud/gsm/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!