Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

KESEHATAN mata adalah hal yang tidak ternilai harganya. Walaupun begitu, menjaga mata tetap sehat bisa dilakukan dengan banyak cara yang mudah, termasuk dari makanan.
Beberapa makanan berikut bisa membantu menjaga kesehatan mata secara umum dan melindungi mata dari banyak masalah yang bisa mengganggu indera penglihatan ini, seperti katarak, rabun dan lain sebagainya.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Care2, Selasa (12/6).

1. Apricots

Ketika datang ke kesehatan mata, Anda akan ingin menikmati beberapa aprikot segar atau kering.

Makanan powerhouses yang mengandung banyak nutrisi ini kebanyakan diabaikan, padahal mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan untuk penglihatan yang sehat, termasuk alpha-carotene, beta-karoten, lutein, rutin dan zeaxanthin. Yang terakhir telah ditemukan untuk mencegah degenerasi makula terkait usia.

Pastikan untuk memilih varietas kering yang tidak direbus.

2. Blackberry

Nutrisi seperti alpha-carotene dan anthocyanin memberi blackberry warna yang indah tetapi juga membantu melindungi mata terhadap radikal bebas yang berbahaya.
Buah mungil mampe meningkatkan kesehatan mata dan membantu memperkuat pembuluh darah ke mata.

3. Blueberi

Tidak hanya lezat, makanan super nutrisi ini menunjukkan kemampuan mereka untuk melindungi mata dari kerusakan radikal bebas.

Baca Juga :  Pakai Softlens Tak Sembarang Orang

Dalam penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry, senyawa yang memberi mereka warna yang menyenangkan, anthocyanin, menunjukkan kemampuan mereka untuk membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia.

4. Brokoli

Sekarang ada lebih banyak alasan untuk makan brokoli, berkat sumber yang kaya akan nutrisi pelindung mata yang meliputi: alpha-carotene, beta-carotene, lutein dan zeaxanthin.

5. Wortel

Tidak ada diskusi tentang makanan untuk kesehatan mata akan lengkap tanpa menyebutkan wortel.

Berkat sumber yang kaya nutrisi seperti alpha-carotene, beta-carotene, lutein dan zeaxanthin, wortel harus menjadi bagian rutin dari diet Anda.

Makanan berwarna oranye lainnya seperti mangga, persik, labu dan ubi jalar juga kaya nutrisi ini.

6. Chia dan Frlax Seeds

Kaya akan Omega 3 dan vitamin E, nutrisi ini membantu mengurangi peradangan dan radikal bebas yang merupakan prekursor bagi kondisi mata.

7. Jeruk Bali

Salah satu dari sedikit makanan yang kaya nutrisi yang dikenal sebagai naringin yang membantu berbagai macam gangguan mata, grapefruit adalah tambahan yang sangat baik untuk diet Anda.

Grapefruit/jeruk bali juga mengandung nutrisi rutin, meskipun Anda perlu makan beberapa sari putih yang mengelilingi buah (bukan kulit) untuk mendapatkan lebih banyak rutinitas dalam diet Anda.

Baca Juga :  Pakai Softlens Tak Sembarang Orang

Vitamin C yang tinggi, grapefruit juga membantu melindungi mata Anda dari kerusakan radikal bebas.

8. Teh Hijau

Penelitian dalam jurnal medis Current Eye Research menemukan bahwa salah satu senyawa obat teh hijau yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate (EGCG) memiliki kemampuan pelindung mata yang mendalam. Bahkan membantu mencegah pembentukan katarak.

9. Leafy Greens

Ketika datang ke kesehatan mata, beberapa makanan bisa dibandingkan dengan sayuran hijau seperti sawi, kale dan bayam.
Itu karena mereka mengandung berbagai macam nutrisi pelindung mata dan penyembuhan mata, beberapa di antaranya meliputi alpha-karoten, asam lipoat alfa, beta-karoten, lutein dan zeaxanthin.

10. Kacang

Vitamin E yang tinggi dan sumber nutrisi-nutrisi yang rutin, kacang-kacangan seperti kacang brasil mentah, kacang mete dan kacang walnut bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet Anda.

Vitamin E membantu melindungi mata terhadap radikal bebas berbahaya.(fny/jpnn)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!