Malaysia-Singapura Ramaikan Test Event Squash

Pengurus Squash dan atlet pose bersama usai pembukaan test event. foto: kumaidi sumeks.co.id

BANDUNG – Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI) gelar test event road to Asian Games 2018. Kegiatan itu dilaksanakan di Siliwangi Squash Center, Bandung, pada 9-16 September. Sebanyak delapan tim ikut ambil bagian, dua di antaranya berasal dari luar negeri.

Manajer Kompetisi Test Event Brigitta Tieneke Kijono menjelaskan, dua peserta dari luar negeri itu yang meramaikan Indonesia Squash Junior Invitational Tournament 2017 adalah Malaysia dan Singapura. Sementara enam lainnya dari dalam negeri. Di antaranya dari provinsi Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Riau.

Semua peserta beserta pelatih Sabtu (9/9), diundang hadiri welcome dinner di Hotel Aryaduta Bandung. Hadir dalam acara itu selain atlet dan pelatih masing-masing peserta, ada juga Ketua PB Squash Indonesia Alfitra Salamm, Technical Delegate Emile dari Hongkong, direktur wasit Robert, perwakilan panpel Asian Games alias INASGOC Direktur Sport, medals, culture dan services department Washington Sinanggiling, wakil Ketua I PB PSI Tri Gustoro.

“Kami sengaja mengadakan test event ini dengan mempertandingkan atlet usia muda. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk tidak tinggalkan pembinaan. Tujuan ya, agar atlet muda ini menambah jam terbang dan tidak jauh perbedaan kualitasnya dengan yang senior,” ungkap Tieneke.

Baca Juga :  Petahana Tumbang!

Lebih dari itu, lanjut Tieneke, tujuan gelar test even adalah untuk membiasakan diri para panpel dengan regulasi pertandingan sesuai standard internsional. Mulai dari sumber daya manusia dalam menghandle tamu, melayani atlet, serta dalam menerapkan regulasi permainan. “Kami ingin mencoba bagaimana mengorganisasi kejuaraan level internasional. Secara SDM kami sudah siap. Jadi nikmatilah, saya harap selama di sini tidak hanya bertanding tapi juga nikmati keindahan Kota Bandung yang terkenal dengan masakannya yang enak, kota outlet, dan kota shopping,” jelasnya.

Direktur Olahraga INASGOC Washington Sinanggiling menyambut baik upaya PB PSI gelar test event. Dia berharap ajang ini dimanfaatkan untuk pemanasan sebelum menggelar Asian Games. Mulai dari regulasi, peralatan, wasit, sampai kepanitiaan semua standarnya sesuai Asian Games. “Ini yang kami awasi meski ada bidang-bidang sendiri yang menangani, seperti Venue ada direktur venue, IT, dan broadcast. Kami coba semua sesuai standard internasional,” ungkap Washington.

Sementara Ketua PB PSI Alfitra Salamm mengaku berterima kasih kepada INASGOC yang telah berikan kesempatan selenggarakan test event. “Ini pemanasan untuk Asian Games. Kami harapkan di sini kita adakan kejuaraan junior bukan hanya persoalan atlet tapi manajemen pengelolaan Asian Games juga diharapkan berjalan seperti kegiatan sesungguhnya,” ujar mantan Sesmenpora itu. (kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!