Mall vs Pasar

SUDAH menjadi tradisi, setiap menjelang datangnya Lebaran, orang-orang berbelanja baju atau peralatan lainnya, seperti mukena, baju koko, dan sarung. Beberapa hari ini, pasar-pasar sudah mulai diserbu oleh ibu-ibu rumah tangga. Gak cuma pasar, mall juga menjadi salah satu tempat yang dipilih untuk berbelanja. Yuk, intip berbelanja hemat dengan budget 500K IDR di mall maupun di pasar guys! (pwy/dsn)

// Mall :
Mall, harga yang dibanderol cukup mahal. Ini ditujukan untuk kalangan masyarakat yang status ekonominya di atas rata-rata yang mana mereka mengutamakan kualitas dan merek. Mall menjadi salah satu tempat tujuan generasi Z untuk memburu diskon apalagi mendekati hari raya Idul Fitri. Wah, kira-kira kalo kalian bawa budget 500K IDR dapet apa saja ya ?

Baju gamis atau baju tunic bisa kalian dapati di Gaudi Clothing dengan kisaran budget mulai dari 185k saja lho, dan di Miniso kalian bisa dapatkan tas selempang mungil dari Jepang mulai dari 59K. Untuk kalian yang hobi pake rok, celana dan jeans dimall lebih kurang mulai dari 128K aja, murah bangetkan harganya dan sisanya kalian bisa beli peralatan yang lain seperti mukena, kerudung, peci, maupun sarung atau sajadah baru untuk menjalankan ibadah sholat Idul Fitri.
Walau harganya yang lumayan, tapi kualitas gak bisa kalian raguin. So, kalian bisa pakai di kemudian hari. “ Kalau masalah harga tentu mahal, tapi yang gak bisa kita pungkiri itu kualitasnya. Apalagi kalau udah bermerk, bisa kita pakai buat dikemudian hari, gak cuman pas lebaran doing kan “ ujar Ika Nurjannah, mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang yang lebih prefer ke mall saat berbelanja pas lebaran.

// Pasar :
Tapi gimana ya kalau kita ke Pasar Tradisional dengan membawa budget senilai 500K, kira-kira dapet apa aja nih? Kalau di Mall sih bawa budget segitu cuma cukup buat diri sendiri aja, tapi kalo udah dibawa ke Pasar Tradisional, bisa dipake buat berdua loh. Karena di Pasar Tradisional kalian bisa nego-nego cincay sama penjual. Lalu , di pasar kalian bisa mendapatkan brand bermerk alias KW dengan harga murah lho. Contohnya tas Gucci yang dibandrol dengan harga mulai dari 400K di Pasar Tradisional, setelah proses nego, bisa didapatkan dengan harga 80K saja, fantastis bukan? Baju Koko maupun Baju Gamis juga bisa dapet harga miring di Pasar Grosir, yang bikin hemat kantong dan bisa mendapatkan 2 pasang pakaian untuk menyambut hari kemenangan nanti. Eittss.., jika masih tersisa kalian bisa membeli kerudung dengan harga mulai dari 15K saja guys, gimana hemat bukan?
Sudah menjadi tradisi, setiap menjelang datangnya Lebaran orang-orang berbelanja, tak terkecuali berbelanja baju atau peralatan lainnya, seperti mukena, baju koko, dan sarung. Beberapa hari ini, pasar-pasar sudah mulai diserbu oleh ibu-ibu rumah tangga. Tidak hanya pasar, mal juga menjadi salah satu tempat yang dipilih untuk berbelanja.

Pasar 16 ilir Palembang menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi. Di pasar ini, pengunjung lebih banyak membeli pakaian dalam jumlah yang banyak. Lain halnya bila berbelanja di mal atau department store, di sana tidak dijual dalam partai besar atau grosiran.
“Saya biasanya belanja di pusat grosir atau pasar tradisional seperti di Pasar 16 ilir karena murah dan banyak pilihan,” ujar Tami, SMAN.6 Palembang

Pusat grosir atau pasar tradisional memang tempat yang banyak dipilih untuk berbelanja oleh masyarakat yang status ekonominya menengah. Masalah kualitas memang menjadi pertimbangan, tetapi hargalah yang paling utama. “Saya enggak suka belanja di mal, soalnya mahal, biar diskon juga tetap saja, lagi pula enggak bisa nawar,” ujar Yuli, SMAN.5 Palembang

// Membeli Baju buat Lebaran
Tradisi orang Indonesia membeli baju baru buat lebaran. Meski ada yang bilang di hari raya gak mesti punya baju baru, tapi kurang afdol ya kalau gak beli baju baru
Ketika hendak membeli busana baru, kamu pasti menghadapi beberapa keputusan yang dilematis. Ingin membeli baju yang murah tetapi dalam jumlah banyak, atau mungkin kamu ingin membeli baju bermerk namun dalam jumlah sedikit. Begitu juga dengan modelnya, apakah kaftan atau blouse yang cantik.
Pertama, ketahui yang kalian inginkan. Contohnya saja melakukan semacam riset kecil terkait baju lebaran yang ditawarkan dipasaran. Kamu bisa mencari di internet atau bertanya kepada teman kalian tentang tren baju lebaran. Baru deh, tentukan warna dan model yang sesuai selera dan usahan budgetnya menyanggupi, ya.

Kedua, jangan tergiur dengan diskon, guys. Pakaian yang banting harga perlu kalian lihat dulu kualitasnya. Dan pastikan itu adalah selera kalian generasi Z, jangan hanya karena diskon kalian memaksakannya agar baju hari saat lebaran kalian banyak. Jangan sampe deh, pas kamu beli ehh itu stok lama, ada cacat, atau modelnya yang ketinggalan jaman.

Ketiga, jangan terburu-buru buat membeli. Ada kalanya kalian membeli banyak baju lebaran hanya karena keinginan saja. Alhasil uang kamu jadi habis cuman buat belanja besar tapi ada penyesalan karena gak terlalu dibutuhkan.

Tapi, mau belanja di mall atau pasar sih semuanya terserah kamu deh. Yang penting barang yang dibeli memang sesuai kebutuhan buat lebaran dan pastinya gak berlebihan ya. Dan tentunya bisa berkelanjutan ya!.

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!