Manfaat Minyak Kelapa terhadap Penyembuhan Luka

POHON Kelapa memang dikenal dengan sebutan ‘Pohon 1000 Manfaat’. Mulai dari batang daun hingga akar memiliki manfaat bagi manusia. Salah satunya minyak kelapa yang diahsilkan dari buah. Selain bisa digunakan untuk memasak, minyak kelapa sangat baik untuk luka bakar.

Minyak kelapa dikenal sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk luka bakar. Minyak kelapa tidak hanya mencegah infeksi sekunder dan menstimulasi proses penyembuhan, tetapi juga menjaga kulit tetap lembab dan mengurangi munculnya bekas luka di kulit.

Dilansir dari Healthy guide, Rabu (9/5), tidak ada takaran yang pasti saat menggunakan minyak kelapa untuk menyembuhkan luka bakar. Anda dapat menggunakan 0,5 ml-1 ml minyak kelapa di kulit yang terbakar secara teratur selama lebih dari 10 hari. Berikut manfaat minyak kelapa.

1. Bersifat Penyembuhan

Minyak kelapa mengandung sifat penyembuhan luka alami dan aman. Dapat menyembuhkan luka bakar dengan cepat yang meningkatkan produksi kolagen. Juga, dapat meningkatkan proliferasi sel di lapisan jaringan ikat yang rusak dan menstimulasi pembentukan pembuluh darah.

Studi lain menunjukkan bahwa menerapkan minyak kelapa ketika dikombinasikan dengan antibiotik lain dapat membantu menyembuhkan luka bakar dengan merangsang pembentukan lapisan epitel.

2. Meredakan Nyeri

Minyak kelapa mengandung sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh luka bakar berkat kehadiran vitamin E dalam minyak kelapa.

3. Merangsang Produksi Kolagen

Luka bakar merusak serat kolagen kulit. Oleh karena itu, sintesis kolagen sangat penting untuk penyembuhan luka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa merangsang produksi kolagen dan secara bersamaan memperkuat kulit yang rusak.

4. Mengandung Anti-inflamasi

Luka sering disertai dengan kemerahan, peradangan, dan rasa sakit. Anda dapat mencegah gejala-gejala ini dengan konsumsi atau aplikasi minyak kelapa. Menurut sebuah penelitian, minyak kelapa mengandung sifat analgesik dan anti-inflamasi, yang efektif dalam mengobati banyak kondisi peradangan.

5. Mengangkat Pertahanan Antioksidan

Stres oksidatif area luka dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Sifat anti-oksidatif yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu memperbaiki luka. Menurut sebuah penelitian, minyak kelapa dikemas dengan polifenol yang membantu mengurangi stres oksidatif.

6. Bersifat Anti-Mikroba

Sangat penting bagi untuk membersihkan luka-luka dan menutupinya dengan perban steril. Juga, dapat mencegah infeksi dengan menerapkan beberapa minyak kelapa ke luka untuk mencegah kontaminasi. Menurut sebuah penelitian minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, yang efektif mencegah infeksi jamur. (fid/JPC)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!