Masih Banyak PR

Oswaldo Lessa Foto: Budiman/Sumeks

PALEMBANG – Pemain Sriwijaya FC sukses menghindari kekalahan di laga perdana Liga 1 2017. Ini setelah Yu Hyun Koo dan kawan-kawan mencuri satu poin dari Stadion Haji Agus Salim, Padang, Senin malam (17/4).

Usai pertandingan itu, Pelatih Sriwijaya FC, Oswaldo Lessa mengklaim banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan untuk sempurnakan permainan tim berjuluk Laskar Wong Kito.

“Pemain masih belum bisa sepenuhnya bermain seperti yang saya inginkan. Semua masih butuh kerja keras lagi dalam latihan. Terutama dalam mengantisipasi bola rebounds hasil pantulan dari tepisan kiper atau hasil belokan pemain,” ungkap Pelatih Sriwijaya FC, Oswaldo Lessa.

Arsitek asal Brasil ini tidak sebut nama pemain yang harus ready terhadap bola kedua tersebut. Baginya, setiap pemain yang dekat dengan bola harus sigap. Mereka harus bisa dalam sekejap berpikir dalam eksekusi bola yang datang. Apakah umpan atau langsung tendang ke gawang. Ini penting untuk memberikan efek kejutan kepada pertahanan lawan.

Kesigapan dan reaksi ini terbukti telah sukses membuat Sriwijaya FC terhindar dari kekalahan saat tertinggal satu gol dari Semen Padang. Hilton sigap mengantisipasi bola yang mengarah ke jantung pertahanan lawan, kemudian bek Semen Padang salah lakukan clearance.

Baca Juga :  Subsidi Rp2,5 M untuk Benahi Pelatih

Bola liar hasil sapuan tak sempurna bek Semen Padang itu langsung dieksekusi Hilton. Tendangan menyusur tanah bomber asal Brasil ini tidak mampu diantisipasi penjaga gawang Semen Padang Mohammad Ridwan dan gol.

“Evaluasi lainnya, pemain harus bisa membangun serangan dari bawah. Main ke depan jangan suka kembali ke belakang (back pass). Ini bisa membahayakan gawang jika pemain melakukan pressure ketat. Untuk melakukan ini butuh kerja sama semua pemain, baik di belakang, tengah, dan depan,” ingat mantan pelatih yang pernah dipecat Persipura Jayapura ini.

Lessa juga ingatkan anak asuhnya untuk bermain lebih ke atas. Jangan terlalu sering memainkan bola di daerah pertahanan sendiri. “Visi bermain harus terus ke depan. Jangan lama-lama memainkan bola di pertahanan. Saya ingin pemain bermain lebih agresif,” tegas asisten pelatih Gomes de Oliveira di Madura United. (kmd/ion/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!