Masih Mencari Pelapis Sepadan

Rizky Pellu, gelandang PSM Makassar (belakang) duel dengan pemain PS TNI. Foto: Fajar Makasar

MAKASSAR – Skuat PSM Makassar kembali menggelar latihan di Stadion Andi Mattalatta, Rabu, (13/9). Latihan mencari skema terbaik dan pelapis sepadan untuk mengisi posisi Marc Klok yang bakal absen saat menantang Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring, Palembang, Minggu, 17 September.

Saat sesi latihan kemarin, pelatih PSM, Robert Alberts masih meraba pemain mana yang lebih siap menggantikan peran Klok. Maklum, peran Klok di lini tengah sangat sentral. Tiga nama yang bakal menutup pos tersebut. Mereka adalah Syamsul Haeruddin, M Arfan, dan Rizky Pellu.

Tiga nama ini memang memiliki skill yang bagus. Tetapi, karakter mereka berbeda. M Arfan misalnya. Dari data jawapos-statoskop, pemilik nomor punggung 15 itu hanya kuat dalam bertahan untuk memutus aliran bola serangan lawan.

Tidak heran, ia banyak melakukan intersep. 33 kali. Kemudian, tekel 85 kali. Berbeda jika berbicara soal agresivitas penyerangan. Gelandang muda PSM ini masih lemah. Praktis hanya melepaskan 18 kali tembakan ke arah gawang dengan akurasi 22 persen. Juga masih minim dalam melepaskan umpan kunci dan terobosan.

Dari tiga nama yang disebut di atas, sebenarnya Syamsul Haeruddin bisa menjadi pilihan yang tepat. Bermain empat laga, Syamsul telah mencetak satu gol dari empat kali percobaan tembakan ke gawang lawan. Selain itu mobilitasnya membantu penyerangan juga mencatatkannya dengan dua assist.

“Belum bisa ditentukan. Melihat waktu persiapan masih panjang. Kami masih memiliki waktu untuk melihat siapa yang lebih siap untuk itu. Juga, kita harus menyesuaikan line up yang kemungkinan akan diturunkan lawan Sriwijaya FC,” jelas Robert usai memimpin latihan kemarin sore.

Pelatih berusia 62 tahun itu menambahkan peluang merotasi juga bisa saja dilakukan. Melihat padatnya jadwal kompetisi. Memaksimalkan seluruh pemain yang ada adalah pilihat tepat. “Saya akan lihat nanti pemain lain (bisa saja masuk). Dengan adanya reaksi permainan tim nanti dengan ketiadaan Marc Klok,” tambahnya.

Berkaca dari empat laga tanpa Marc Klok, di putaran pertama lalu, melawan Persela, Persegres, Persiba, dan Madura. Sosok M Arfan tetap menjadi pilihan utama. Sementara tandemnya adalah Asnawi, Rizky Pellu, dan Syamsul Haeruddin. Sayang Asnawi kemungkinan harus membela timnas di piala AFF U-18.

“PSM harus bisa memanfaatkan performa tim lawan (Sriwijaya) yang lagi menurun. Celah itu bisa dimanfaatkan dengan memainkan karakter permainan menyerang. Itu pilihan tepat. Apalagi tiga poin sangat penting untuk kembali merebut puncak klasemen,” harap legenda PSM, Syamsudin Umar. (tam/abg/kmd/ion)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!