Masih Setia meski Jeblok

Liga 1 sudah mau tutup buku. Perjalanan Sriwijaya FC di kompetisi kasta tertinggi Indonesia akan ditutup dengan pertandingan melawan Persipura Jayapura, besok (12/11). Sepanjang musim, Sriwijaya FC hanya bisa meramaikan papan bawah dan intip papan tengah. Hasil jeblok ini dibuktikan dengan masih tertahannya Yu Hyun Koo dkk di peringkat 13 dengan 41 poin.

—–

CAPAIAN Sriwijaya FC musim ini tentu tidak diharapkan semua pemain. Tapi inilah kenyataannya. Tim yang rakus mengoleksi gelar juara itu tak berdaya bersaing di Liga 1 edisi perdana. Situasi ini juga gak diharapkan oleh striker Sriwijaya FC Alberto Goncalves. Bomber berpaspor Brasil ini menilai, sejatinya Sriwijaya FC memiliki kualitas permainan tidak kalah dengan klub lain. Lihat saja hasil dari setiap pertandingan. Tim ini jarang sekali kalah dengan skor telak. Jika pun toh ada kalah 0-3 dari Madura United dan menyerah 1-4 kepada Persib Bandung. Selebihnya, Sriwijaya FC selalu kalah tipis. 2-3, 3-4 atau sebagainya.

“Masalahnya kita ini sering cetak gol tapi di saat yang sama juga selalu kebobolan. Itu masalah kita di belakang. Tapi itu sudah lah sudah lewat. Jadi, jujur saya gak puas dengan capaian tim musim ini. Saya gak puas karena Sriwijaya FC adalah tim dengan nama besar. Saya selalu maksimal untuk Sriwijaya FC. Tapi di tim ini, bukan saya sendiri. Ini permainan kolektif. Jika semua maksimal bisa saja ke atas lagi,” ungkap striker yang karib disapa Beto ini.

Baca Juga :  Biasakan Tanpa Si Kidal

Beto berharap, berakhirnya musim ini tidak ada pemain Sriwijaya FC yang cedera parah. Ini agar semua bisa bekerja sama lagi. Sebagai penutup dari musim ini, Beto menegaskan akan berikan kemampuan maksimal saat melawan Persipura besok (12/11). Dia juga menjelaskan jika semua pemain juga sudah sepakat mengambil poin dari lawatan ke Papua. Minimal draw.

“Ini game terakhir lawan Persipura Jayapura. Meski sudah gak degradasi lagi harus tetap fokus dan bersikap profesional. Setiap games harus masuk lapangan dengan maksimal. Kami sepakat harus cari poin di Papua. Kita sudah jauh-jauh kesana bukan untuk jalan-jalan. Belum waktunya holiday karena masih sayu game harus fokus 100 persen,” tegasnya.

Beto ingin bayar permainan yang kurang totalitas musim ini dengan bertahan di Jakabaring. Dia ingin musim depan masih menjadi bagian dari tim berjuluk Laskar Wong Kito. Apalagi, manajemen dan pengurus bakal membantunya untuk mendapatkan paspor hijau sebagai modal menjadi warga negara Indonesia.

“Jujur banyak tim yang sudah kontak saya. Tapi saya tetap beratkan bertahan di Sriwijaya FC. Saya ingin di Sriwijaya FC apalagi manajemen ingin bantu saya jadi WNI. Saya mau sekali. Jadi saya ingin tetap di Sriwijaya FC tapi saya gak tahu juga jika manajemen dan pengurus berubah pikiran,” terangnya.

Baca Juga :  Transfer Ilmu MP Belum Terlihat

Rasa ketidakpuasan juga muncul dari mulut Ichsan Kurniawan. Gelandang asli produk Palembang ini berjanji akan tampil lebih maksimal lagi musim depan. Dengan catatan, masih dipertahankan menjadi bagian dari skuad Sriwijaya FC. Ini karena sudah terlalu banyak kenangan bersama tim yang pernah menyabet gelar double winner itu dalam karirnya sebagai pemain sepak bola profesional.

“Saya sudah berjuang maksimal tapi memang belum puas dengan capaian tahun ini. Semoga musim depan lebih baik lagi. Saya berharap bisa tetap di sini karena banyak kenangan di sini. Senang, sedih, pernah saya rasakan di sini. Tapi terpenting di sini adalah suasana kekeluargaannya tinggi,” jelas mantan gelandang Timnas Indonesia U-19 ini.

Sebagai pemain yang membanggakan Sriwijaya FC karena memang Ichsan adalah putera daerah, dia berharap manajemen dan pengurus Sriwijaya FC harus berbenah menatap musim depan. Sriwijaya FC harus lebih siap menatap kompetisi musim depan yang rencananya akan digeber mulai Februari 2018.

“Ada beberapa klub yang sudah telpon tapi saya masih ada ikatan kontrak di sini. Menatap musim depan, pastinya Sriwijaya FC harus terus berbenah lebih baik dan saya yakin manajemen pastinya lebih tahu soal itu (persiapan tim menatap musim depan),” ucapnya. (kmd/ion)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!